3 Teknik Dasar Menggenggam Pistol Yang Efektif

Posted: October 29, 2011 by Pak RT in Teknik Dasar
Tags: , ,

Salam hangat di akhir pekan, rekan-rekan airsofter Indonesia sekalian! Apakabar? Semoga pagi ini anda bisa menikmati weekend dengan kegiatan yang lebih positif untuk kehidupan anda mendatang.

Oya, kali ini, saya kepingin sekali sharing tentang teknik-teknik menembak menggunakan handgun yang efektif & efisien. Bukan artinya saya lebih jago dari anda…tetapi saya mengeksplore dari yang ahli saja. Serius, saya nggak jago! Nembak target juga susah karena tangan suka tremor (bergetar) kayak kakek-kakek….hehehe.

Saya comot langsung tips menembak ini dari pakarnya, Travis Haley, seorang instruktur menembak, yang dikupas habis dalam videonya “Magpul Dynamics : The Art of Dynamic Handgun”. 3 Teknik Dasar Menggenggam Pistol Yang Efektif ini ndak boleh kita lewatkan agar kita mendapatkan perkenaan yang lebih baik!

Sebelumnya ada istilah-istilah asing yang perlu kita pahami dalam menggali teknik yang dipresentasikan oleh tim Magpul Dynamic ini.

  1. Weapon hand, adalah tangan anda yang terbiasa menarik pelatuk. Kalo anda kidal, berarti tangan kiri anda kita sebut Weapon Hand.
  2. Reaction Hand, adalah tangan anda yang mensupport weapon hand.

Oke langsung kita bahas…

Pertama, Genggam grip pistol dengan weapon hand secara penuh & konsisten. Genggam dengan erat. Kenapa demikian? Karena genggaman tsb akan memberikan resistensi ke arah weapon hand saat pistol meletus. Kalo GBB (gas blow back) pistol sih ndak terlalu berasa, tapi kalo anda pegang senpi/real steel…baru kita ngerti pentingnya menggenggam dengan benar.

Jangan lupa, finger off! Telunjuk mengarah ke depan sejajar dengan laras. Kalo anda sudah siap menembak, jari telunjuk weapon hand siap menekan trigger.

Kedua, perhatikan bidang pistol yang akan digenggam reaction hand. Area tsb adalah area prioritas yang harus anda cover menggunakan reaction hand.

Area yang diberi warna kuning adalah area prioritas yang harus dicover oleh reaction hand

Area yang diberi warna kuning adalah area prioritas yang harus dicover oleh reaction hand

Nah, gimana cara mengcovernya? Mari kita intip foto dibawah ini…

Tempel telapak tangan bagian weapon hand seperti di foto. Jempol mengarah ke depan, sejajar dengan laras. Jari-jari mengambil sudut 45 derajat. Lalu genggam dengan erat. Simpan jari-jari anda di bawah trigger guard. Posisi akhir nanti seperti ini…

Ketiga, Jika pistol anda ada Beavertail-nya (kalo diterjemahin, ekor berang-berang…hehehe), sebagian besar pistol punya beaver tail, biasanya model pistol seperti M1911 & Hi-Capa, dll. Beavertail itu seperti foto di bawah ini….

Beavertail ada di sebelah kanan dibawah hammer

Pastikan tidak ada gap/jarak antara beaver tail & selaput tangan anda (selaput antara jempol & telunjuk) seperti foto di bawah ini!! Hal tsb berguna untuk memberikan tahanan saat ada recoil kebelakang. Prinsip ini berguna untuk mengarahkan recoil agar muzzle/moncong tetap stabil menghadap ke depan.

Yg dilingkari merah itu bagian yg harus anda perhatikan, tidak boleh ada gap/jarak!

Next posting, kita bahas tentang teknik-teknik yang lain…pastikan blog Lapakairsoft anda bookmark yah!
Selamat berakhir pekan!

About these ads
Comments
  1. Zaki Kalee says:

    nice share gan…. like it…

    Like

  2. Hanafi says:

    nambahin dikit. Dengar kata tremor, jadi lgsg teringat Capt. John C. Miller yg menyelamatkan Private Ryan di film Spielberg “Saving Private Ryan”

    Like

  3. nurhanafi says:

    gak ada yg useless dech postingan Pak Danar ini. Fully useful!

    Like

  4. Newbie says:

    Mantapp transfer ilmunya..makasih Om.

    Like

  5. hasiholan says:

    ijin share ulang ya pak RT di page grup FB, dengan mencantumkan sumber kutipan…

    Like

  6. Tristianto Raflesi says:

    thanks gan info nya… jadi lebih Enak ngegenggam m1911, trus ga goyang pada saat ngarahin

    Like

  7. […] Tags: magpul dynamics, the art of dynamic handgun, travis haley 9 […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s