Airgun Umarex Colt Government 1911-A1 Memang Ajib

Posted: May 31, 2012 by Pak RT in Review
Tags: , , , , ,
Airgun Umarex M1911-A1

Airgun Umarex M1911-A1

Lagi kepingin nge-review produk-produk airgun nih. Mudah2an review ini sedikit membantu anda-anda yang kebingungan mau pilih produk airgun apa kira-kira yang cocok. Oke, ijinkan saya ngoceh tentang airgun yg luar biasa, produksi Umarex Colt Government 1911-A1. Disini orang banyak kenal dengan istilah FN. Apa saja plus minusnya, mari kita simak lebih lanjut.

Tetapi…sebelum memulai review, ijinkan saya menyampaikan satu hal, dan mohon maaf jika dirasa kurang nyaman dengan statement saya berikut ini :

Saya pribadi turut prihatin dengan peristiwa2 kriminal/tindakan2 yang tidak menyenangkan di tengah masyarakat akhir-akhir ini, yang menyalahgunakan airsoft gun/airgun.

Dengan ini, saya memohon pemahaman & kesadaran anda semua, baik pemula maupun yang sudah lama menggeluti hobi ini, baik sipil maupun aparat kepolisian & militer, untuk  memposisikan airsoft gun/airgun sebagai sarana hobi & olah raga semata. Bukan sebagai alat pertahanan diri dan atau segala bentuk penyalahgunaan, yang tentu saja  akan berdampak hukum pada anda sendiri.

Harga diri anda tidak dinilai dari sepucuk airsoft/airgun (replika senjata api) yang tergenggam di tangan. Tetapi kebijaksanaan, kematangan berpikir & ketepatan bertindak yang menentukan kualitas pribadi anda.

Sekian….(kayak pidato kenegaraan ya)

Tapi yang saya tulis diatas serius lho. Saya nggak bisa membayangkan kalo negara ini jadi negara “Wild Wild West”. Masalah senggolan kendaraan kan nggak perlu sampai berujung jadi aksi koboy jalanan  toh?

Ok, kembali ke review Airgun Umarex Colt Government 1911-A1,

Penampilan

Sepintas kalo kita lihat tongkrongannya….ckckck…aduhai bener. Mulai dari finishing yang baik & bobotnya mencapai 1 kilo lebih dikit! Nggak perlu disama-samain beratnya dengan versi real steel….emang udah sama persis! Cek sendiri di World Guns.

Marking Colt Government sudah pasti menghiasi slide sebelah kiri.

Marking Colt Government

Tidak seperti pistol GBB, dimana slide berfungsi, airgun Umarex Colt Government 1911-A1 sama sekali tidak bisa berfungsi maju-mundur saat ditembakkan. Ya, airgun Umarex ini tidak punya efek blowback.

Slide hanya berfungsi menutup ruang tembak.

Untuk pengisian gas CO2, tempatnya tersembunyi di balik cover grip. Cara membuka cover grip dengan cara menekan tombol mag release. Kalo pistol pada umumnya, jika ditekan tombol tsb maka magazine akan melorot keluar….tetapi untuk airgun Umarex ini cover grip akan lepas.

Ruang penyimpanan gas CO2

Ruang penyimpanan gas CO2

Tombol mag release, disini bukan untuk mengeluarkan magazine tetapi untuk membuka ruang penyimpanan gas CO2

Tombol mag release, disini bukan untuk mengeluarkan magazine tetapi untuk membuka ruang penyimpanan gas CO2

Sistem magazine-nya pun tidak sama dengan GBB pada umumnya. Sistem magazine airgun Umarex menggunakan silinder magazine berkapasitas 8 butir.

Setelah magazine diisi penuh mimis, anda masukkan silinder magazine ke dalam slide yang telah dibuka. Gimana cara membuka slide? Cukup dengan menekan tombol slide release (terlihat pada foto) slide pun akan bergeser ke depan.

Tempatkan silinder magazine (ditandai push pin biru) disini

Simpan silinder magazine di ruang tembak tersebut, lalu geser kembali slide ke posisi semula (menutup chamber). Sekarang sudah bisa langsung dioperasikan. Hati-hati! Di fase ini, pistol airgun tersebut sudah aktif & sewaktu-waktu bisa memuntahkan mimis. Demi keamanan, geser kunci slide untuk mengunci trigger.

Performa

Didukung gas CO2, Umarex Colt Government 1911-A1 diklaim mampu melontar mimis (memang pelurunya menggunakan mimis/pellet 4,5mm) mencapai 120 m/det. Kira-kira kalo dikonversikan ke satuan FPS (feet per second) sekitar 400-an FPS. Bisa cek langsung di website resmi Umarex.

Berbeda dengan apa yang saya temukan, dengan menggunakan mimis/pellet RWS 0,45gram, gas CO2 Beeman, di chrono dapet di kecepatan 297-308 FPS, dengan energi 1.99 Joule. Cek hasil chrono saya di bawah :

Saya belum bisa komentar banyak, karena keterbatasan ilmu balistik saya. Mungkin anda lebih ahli dari saya, boleh kasih masukan. Bagus juga buat kita diskusikan.

Saya juga nggak mau terburu-buru mengatakan klaim Umarex itu palsu. Saya pikir pasti ada penjelasannya. Nah, kalo ternyata chrono saya yang jelek, berarti masalah terpecahkan…hehehe. Sudah saatnya chrono saya LEM BIRU (Lempar, Beli yang Baru…huehehe).

Chrono mengatakan seperti itu, tetapi saya, yang mengoperasikan langsung Umarex Colt Government 1911-A1, bisa membedakan bahwa Umarex tidak menipu! Suara & lesatan mimisnya tidak bisa membohongi saya! Wajar aja kalo mimis kena tangan…hasilnya seperti di foto korban tembak airgun.

Luar biasa mantapnya! Dari 8 shot menghasilkan grouping yang memuaskan! Anda boleh lihat gambar di bawah ini :

titik perkenaan Airgun Umarex Colt Government 1911-A1

titik perkenaan Airgun Umarex Colt Government 1911-A1 jarak 5 meter

Percobaan di jarak 5 meter, menggunakan mimis/pellet RWS 0,45gr, 8 shot. Bagaimana menurut anda? Dijamin, nembak tikus nakal yang hobinya ngobrak-ngabrik tempat sampah, langsung kena!

Lain waktu saya harus coba dengan jarak yang lebih jauh, seperti 10 meter.

Ok, saya kira cukup dulu…selebihnya bisa kita diskusikan or mau tanya-tanya…langsung aja isi kotak komentar di bawah.

Untuk mengetahui spesifikasi lebih lengkap & berapa harga Airgun Umarex Colf Government 1911-A1 silakan klik langsung halaman Airgun.

About these ads
Comments
  1. arya says:

    ini yang ditembak kertaskan…?kl tikus apa bisa tembus..?thanks

  2. Edwin says:

    Keren. Tapi saya lebih suka KWC 1911A1 yang CO2 version. Mirip banget sama aslinya, sampai cara field-strippingnya mirip dengan aslinya, dan power nggak kalah sama punya Umarex. Tapi memang cuma buat BB sih, nggak bisa pakai pellet.

  3. rudi says:

    Bagus juga FNnya, apa pernah kirim paket airsoftgun ke Manokwari..?

  4. bayu says:

    harganya berapa ya…. trus urus ijinnya gmna?

  5. Edwin says:

    Boss, kalau 120 mps itu pasnya 393.7 fps. Wakti di-chrono ketemu 297-308 fps itu pakai BB yag berapa gr? Masalahnya di website Umarex nggak disebutkan 120 mps itu pakai BB yg beratnya seberapa, kan? Jadi jangan dibuang dulu chrono-nya. Saya menerima hibah chrono, kok. :D

    • Admin says:

      betul bro Edwin…ternyata saya salah liat bobot mimis. di artikel diatas ditulis bobot mimis 0,45gr.
      i was completely wrong. nanti deh saya posting utk ralatnya. waktu buat main2 masih belum sempet. trims buat sarannya bro.

      ps : utk chrono kalo begitu saya simpen lagi…hehehe…sayang :)

  6. Muciel says:

    joule nya gk ada yg 4.5 atau 5 ya??

  7. Muciel says:

    upgradenya disini juga bisa ya?

  8. Muciel says:

    admin tinggalnya dimana? jawa timur??

  9. masri says:

    trus mslh harga dan ada adm nya ngk

  10. loekman says:

    umarex mantap gan.. brapa harganya ?

  11. fitrah says:

    kalau lihat hasil perkenaan jarak 5 meter diatas mungkin waktu menembak terburu-buru yah gan…

  12. fitrah says:

    Govt M1911 kalo di upgrade max sampai berapa fps?

  13. Satya Zaraki says:

    1911 versi yang ini bagus dan lengkap karena ada markingnya.

  14. awam says:

    Mas gimana dg air gun kwc makarov tuh??bgus gak
    Mohon infonya

  15. ubc says:

    ortu saya pensiunan infanteri, sudah 83 tahun dan rada lupa2 gitu, cuma semangat masih tinggi. kalau saya mau belikan airsoft rifle spring untuk iseng2 tembak sasaran di halaman belakang, bagusnya type dan merk apa ya ? sekedar untuk beliau nostalgia, mohon saran. terimakasih. (saya ngga begitu paham soal airsoft gun).

  16. eko says:

    udah pgn bngt nih,gmn cr blnya?

  17. Reza says:

    Wah boleh tu, kebetulan dirumah bnyk tikus haha

  18. ginz says:

    umarex cp 88 sama gov 1911 kenceng mana mas klo di upgrade…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s