Moving Maneuver Like FROG

Posted: January 18, 2008 by Pak RT in Basic Tactics
Tags: , , ,

Istilah diatas biasa dikenal dalam dunia militer. Ini adalah manuver dasar bagi tentara yang sedang belajar berperang. Manuver ini juga dikenal dengan istilah leapfrog. Manuver dasar ini berguna pada saat bergerak maju menyerang. Bagaimana teknis menjalankan manuver ini? Kurang lebih seperti ini ilustrasinya.

Salah satu rekan kamu maju mengambil posisi beberapa meter di depan anda. Tempatnya tentu yang aman untuk berlindung. Kemudian ia mengamati & memastikan tidak ada ancaman dari depan lalu ia memberikan tanda bahwa jalur telah aman. Barulah kamu bisa bergerak maju menyusul rekan kamu tadi. Jangan lupa ambil posisi yang aman & cocok untuk berlindung.

Disarankan sebaiknya anda ambil tempat perlindungan lain. Jangan berlindung di shelter yang sama. Bayangkan jika shelter kita dilempar granat. Matilah anda berdua….dikubur & dimakan cacing, seperti si Bujang 🙂

Kemudian rekan anda tadi maju beberapa meter ke depan menuju sasaran. Tetap fokus pada barikade/ shelter yang ada. Setelah tiba di shelter rekan anda kembali bertugas mengcover lokasi. Hal ini berguna agar saat giliran anda maju seluruh situasi bisa dipastikan aman. Nggak bakalan ada rongrongan dari musuh. Harapannya begitu…

Berikut tips-tips sederhana agar manuver ini berjalan sukses :

1. Bergerak tidak lebih dari 10 meter dalam satu waktu
2. Selalu berlindung di balik barikade (alami/ buatan).
3. Ketika bergerak & tiba di sasaran harus selalu dalam posisi merendah & tetap tenang.
4. Posisi personil di belakang harus berdiri (agar jarak pandangan semakin luas) & siap memberikan cover fire jika dibutuhkan.
5. Walaupun anda & rekan satu tim terus bergerak, jangan lupa tebarkan pandangan ke sekeliling kita. Khususnya yang ada di hadapan kita. Inci per inci, sejengkal demi sejengkal. Seringkali pemain airsoft terlalu fokus pada manuver ini sementara musuh yang bersembunyi di depan (mungkin di dalam semak-semak) tidak nampak.

Nah sebagai penutup akan semakin lengkap kalo kamu simak video klip ini. Bakal lebih jelas deh.

Oke semoga permainan airsoft anda kali ini sukses!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s