Trik bersembunyi tanpa ketahuan…!

Posted: January 18, 2008 by Pak RT in Basic Tactics, Recon
Tags: ,

Advanced Stealth Technology!!

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita bisa bersembunyi tanpa ketahuan. Biasanya setiap strategi penyergapan (ambush) digelar, modal utama kita adalah sembunyi. Sayangnya, gak semua persembunyian itu efektif. Mau tau lebih lanjut?

Secara definisi sembunyi itu berarti make something difficult to see by enemy. Konsep militer suka menyingkatnya jadi CCD : Camouflage, Concealment & Deception. Ah, cari kamus terdekat supaya lebih jelas!

Karena kita ini penggemar airsoft, boleh saya katakan military-enthusiast ,makanya kita pake pendekatan ala militer deh. CCD tadi kurang lebih artinya begini : teknik memanfaatkan benda apapun yang ada di alam supaya tidak terlihat lawan. Bisa dengan tumbuh-tumbuhan, karakter lahan, asap, kabut dan lain-lain.

Untuk posting kali ini kita coba praktekkan beberapa trik bagaimana bersembunyi yang baik & nggak ketahuan lawan.

  • Gunakanlah baju dengan warna gelap & tidak mencolok.
  • Selalu pasang mata & telinga! Siapa tau kedengaran orang bisik-bisik atau langkah kaki.
    Atur nafas dengan baik karena biasanya dalam kondisi kayak gini suara degup jantung kita jauh lebih keras daripada suara kicauan burung:)
  • Gunakan camouflage face paint alias semir muka. Bisa cari di Jatayu (buat kamu yang berdomisili di Bandung)
  • Masuklah ke dalam semak-semak yang lebat. Pastikan kondisi semak & sekitarnya. Jangan sampe kamu salah injak. Mungkin disitu rumah semut rangrang…hehehe bisa-bisa sibuk menghindar serangan semut daripada serangan musuh. Waspadai juga sarang ular ya.
  • Musuh utama kita adalah ketidaksabaran. Jadi kalo sedang kebelet (baik itu BAB/BAK) sebaiknya ditahan sebisa mungkin, tapi kalo ndak bisa lagi ya sudah teriak aja “HIT” & cari WC alam terdekat, daripada nanti gangguan ginjal:)
  • Advertisements
    Comments
    1. Y. Masykur says:

      Kalau yang sembunyi kagak keluar keluar keluar gimana tuh kang…..

      Like

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s