Kalo Mau Nyerbu, Ngomong Dong….!

Posted: January 28, 2008 by Pak RT in Basic Tactics
Tags: ,
Miskomunikasi

Kesalahan fatal yang sering kali terulang ketika bermain dengan sebuah TIM airsoft adalah komunikasi. Coba kamu bayangkan kalo 1 TIM dibagi jadi 2 unit menghadapi skenario yang mengharuskan mereka berpisah. Apa kita bisa prediksi hasil akhir permainan?

Kemungkinan tim kamu meraih kemenangan semakin kecil. Bukan nggak mungkin menang, tapi tetap ada peluang cuma semakin kecil.

Pernah kita mengalami kejadian seperti ini. Dalam skenario rebut bendera kita bagi jadi 3 tim : Tim A, bertahan; Tim B & C (@ terdiri 2 players) merangsek ke depan. Khusus untuk tim C diserahkan tugas merebut bendera dengan cara flanking dan masuk garis pertahanan lawan dari arah belakang. Kepinginnya, begitu bendera berhasil direbut Tim C, mereka teriak dengan kode yang disepakati (waktu itu disepakati teriak “GOL!!!”—bikin permainan ini mirip bola! Supaya keliatan lebih sipil, gitu). Namun sayang, karena situasi waktu itu, Tim A & B malah mengambil posisi mempertahankan pos. Tanpa kita sangka, Tim C berhasil merebut bendera, tapi karena personilnya masih sangat newbie (ini game pertama mereka—hebat kan?) dengan lugunya mereka langsung teriak “GOL!!!”. Mereka pikir bakal disupport, gak taunya justru tidak. Walhasil, Tim C habis digasak lawan:P

Kesimpulan saya, ini terjadi karena jarak yang memisahkan antar tim sangat jauh & tidak didukung sarana komunikasi yang mantaffff. Mau pake handsignal pun nggak akan bisa…lha wong jatidiri Tim C ini juga gak jelas rimbanya. Jadi, komunikasi itu segalanya. Kalo pengen misi berhasil maka sistem komunikasi harus dibangun. Gak berkomunikasi siap-siap aja menyandang gelar anumerta.

Kesalahan yang seringkali terjadi adalah mereka tidak pernah (atau lupa) memperhatikan rekan satu tim. Biasanya karena situasi yang kian tegang. Jadi ini saran terbaik untuk memperbaiki cara berkomunikasi :

  1. Cobalah tengok 15-30 detik sekali. Barangkali teman kamu mencoba mengirimkan pesan lewat handsignal.
  2. Jagalah jarak maksimum 20 meter di tempat yang terbuka & 5 meter di tempat bervegetasi rapat (kalo kamu main di hutan).
  3. Sepakati beberapa hal penting dan hubungkan dengan kode suara/ handsignal. Seperti posisi, arah musuh, jumlah musuh, dll.
  4. Jika handsignal tidak memungkinkan maka gunakan kode suara (apalagi kalo kamu gak punya/pake alat komunikasi). Sepakati dengan kode-kode yang asing di telinga seperti BRAVO50, yang artinya all defense atau KERUPUK EMPING yang artinya mundur:) Atur-atur deh terserah kamu.
Advertisements
Comments
  1. Sangga says:

    Sorry neh beda tema,.. tapi yg menyebabkan untuk bisa menembak lebih jauh tu krna FPS ato ada upgrade lain sih maklum, Newbie

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s