Resep Mujarab Menyelesaikan Skirmish dengan cepat!!

Posted: January 28, 2008 by Pak RT in Basic Tactics
Tags: , ,

 

Surprise

 

Kemarin kami (6 orang) melalui sebuah skirmish yang unik. Terus terang niat awal kita ingin memberikan permainan yang berkesan buat kawan-kawan yang bermain dengan kita. Maklum newbies. Sebagaimana kita-kita dulu juga pernah menyandang status itu. Jadi ya nggak terlalu serius amat & semoga besok-besok mereka mau main lagi. Gak trauma.

Saya yang didaulat jadi komandan dengan berbekal handgun BOCOR juga bisa ngobrol santai ditengah desingan BB. Malah bisa diselingi ketawa cekikikan:P – Pasalnya kita ambil posisi di belakang bendera (emang waktu itu skenario rebut bendera) nyumput di rundukan semak yang agak lebat tapi enak buat duduk bin selonjoran. Situasinya pas banget kalo dilengkapi dengan nasi timbel & konconya. Wuih, nikmat tuh!!

Sementara 4 orang rekan lain ambil posisi bertahan di sayap kiri & kanan. Tentunya di tempat tersembunyi. Karena faktor alam, di sayap kiri sedikit perlindungan sementara sayap kanan sebaliknya, padat vegetasi.

Instruksi awal : TOTAL DEFENSE. Jangan ada yang maju. Pertahankan pos masing-masing.

Walhasil, skirmish jadi menarik. Serbuan lawan cukup agresif di sayap kiri karena minim halangan. Tapi yang lebih menarik, di sayap kanan. Banyak lawan yang mencoba menembus semak2. Sayang, umur mereka berakhir di ujung laras airsoft tim sayap kanan alias difreeze (ini aturan main airsoft jika jarak tembak <5 m-cukup bilang freeze & lawanpun harus menyerah). Ini kematian yang jauh lebih menyakitkan. Apalagi yang sudah jauh-jauh nyusup…ee…sampe di semak-semak tiba-tiba ada yang noel,”Mas, yuk masuk liang kubur??” sambil laras airsoft ditodong ke muka. GUBRAK!!

Kita pun yang di belakang tertawa terkekeh-kekeh.

Karena strategi lawan nggak membuahkan hasil (mungkin) mereka jadi frustasi & mengubah pola jadi defensif. Defensif vs defensif. Yah nggak rame atuh! Jadi dengan berat hati diputuskan untuk mengakhiri permainan ini lebih cepat.

Tim sayap kiri & kanan dipersiapkan dengan formasi 2-2. Setiap sayap diisi 2 orang, berbanjar ke belakang. Di tengah juga 2 orang. Sang komandan tentu paling belakang dong. Nanti kalo di depan bisa sad ending.

Mode tempur diubah menjadi blitzkrieg. Element of surprise wajib hadir. Personil harus bergerak cepat & tanpa ampun (tapi tetap kontrol jarak). Maju terus sampai posisi bendera lawan.

ALPHA!!!! Sebuah kode diteriakkan dengan semangat djoeang’45 membuka serangan dari sayap kanan & kiri. Kawan-kawan langsung merangsek. Airsoftnya kedengaran menyalak-nyalak. Kami berdua di tengah diam untuk beberapa detik lalu menyusul kemudian sambil mulai menembak. Beberapa personil musuh tampak bergelimpangan. Malah ada yang menggelepar-gelepar (:P-hiperbolik amat). Konsentrasi musuh langsung buyar. Ada sedikit yang bisa bertahan tapi nggak lama. Mau apa lagi, sudah dijepit kiri-kanan…ee…dari tengah nongol merangsek.

Lho?!Lho?! Mana lagi nih? Pada kemana nih?

Saya bingung juga, ini game sudah selesai atau belum…soalnya posisi bendera masih jauh, tapi musuh pada ngibrit ke safety zone (ini daerah netral dimana pemain yang sudah mati beristirahat).

Hari itu kita belajar hal baru tentang blitzkrieg.

Tentu beda jauh blitzkrieg di medan tempur nyata dengan permainan airsoft. Ini hikmah yang dipetik :

  1. Blitzkrieg sangat efektif menggempur pertahanan lawan. Tapi dengan catatan semua posisi musuh sudah diketahui. Kalo belum, jangan coba-coba deh. Malah nanti kita yang ganti diblitzkrieg.
  2. Sebagaimana operasi blitzkrieg dulu ketika Jerman menginvasi Polandia tahun 1939, begitu juga kamu bisa memanfaatkan personil tim yang memiliki airsoft dengan ROF (Rate of Fire-jumlah tembakan per waktu) tinggi untuk memulai serangan.
  3. Siapkan second liner atau lapis dua. Sebaiknya berikan jeda waktu antara lapis pertama & lapis kedua. Hal ini amat berguna karena lapis pertama akan memberi efek kejutan. Konsentrasi musuh pasti teralihkan ke serangan lapis pertama. Mereka tidak tahu bakal ada serangan kedua. Nah, pada saat lengah (jeda waktu orde detik) lapis kedua segera masuk menumpas sisa lawan yang masih bertahan, sekaligus melindungi lapis pertama yang sudah masuk terlebih dulu.
  4. Seharusnya disiapkan plan B, apa yang terjadi jika blitzkrieg ini gagal.

Catatan penting : tetap kontrol jarak tembak. Kita nggak berharap di strategi canggih ini berujung pada penderitaan kawan-kawan kita sendiri. Airsoft FPS tinggi mungkin bisa disimpan di lapis kedua.

SELAMAT MENCOBA!

Advertisements
Comments
  1. […] serentak & bersama-sama beberapa personil musuh bisa dilumpuhkan. Maksudnya ingin memunculkan element of surprise. Sayang, saat itu saya ‘tewas’ dengan sukses setelah berhasil membungkam 1 personil […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s