Iran Resmikan Pusat Ruang Angkasa, Siap Luncurkan Satelit Buatan Sendiri

Posted: February 5, 2008 by Pak RT in Berita
Tags: , , , ,

Satelit IranIran kini memiliki pusat ruang angkasa, yang nantinya akan menjadi lokasi peluncuran satelit pertama buatan Iran sendiri.

Pusat ruang angkasa itu diresmikan oleh Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad, bersama Menteri Pertahanan dan Logistik Angkatan Bersenjata Iran, Muhammad Najjar, Senin (4/2). Peresmian dilakukan di Iran Electronics Industries Co. (Sa-Iran).

Dalam pidatonya, Presiden Ahmadinejad mengatakan bahwa kehadiran Iran di ruang angkasa merupakan kebutuhan. “Membangun dan meluncurkan satelit merupakan prestasi yang besar dan penting. Hari ini kita saksikan bahwa Iran sudah melakukan langkah awal ke ruang angkasa, dengan langkah pasti, seksama dan penuh kesadaran. Sudah saatnya kita secara aktif dan efektif hadir di ruang angkasa, ” kata Ahmadinejad.

Setelah memiliki pusat ruang angkasa, tahun depan negara Mullah ini rencananya akan meluncurkan satelit pertamanya untuk keperluan riset. Untuk itu, sebagai tahap awal, bersamaan dengan peresmian pusat ruang angkasa hari ini, Iran meluncurkan roket yang diberi nama Kavoshgar1. Roket itu diluncurkan untuk menjajaki orbit yang tepat bagi satelit Iran yang akan diluncurkan nanti.

Beberapa tahun belakangan ini, Iran memang giat membangun program angkasa luarnya, setelah pada tahun 2005 lalu Iran berhasil menempatkan satelitnya bernama Sina-1di orbit atas kerjasama dengan Rusia. Media Iran saat itu mengatakan bahwa satelit tersebut untuk keperluan riset dan telekomunikasi.

Kantor berita Iran, IRNA menyebutkan, pusat ruang angkasa Iran yang baru diresmikan ini, terdapat stasiun pengontrol bawah tanah dan tempat peluncuran satelit pertama buatan Iran yang diberi nama Omid (Harapan) ke ruang angkasa.

Televisi Iran yang memberitakan peresmian ini tidak menunjukkan gambar atau menyebutkan lokasi pusat ruang angkasa itu dan hanya menunjukkan gambar sebuah roket yang bentuknya mirip dengan misil Iran Shahab-3 yang siap diluncurkan.

Kantor berita ISNA melaporkan, pusat ruang angkasa Iran itu berada di wilayah gurun di bagian utara provinsi Semnan. Namun di gambar-gambar, wilayah itu merupakan wilayah kosong yang dikelilingi oleh bendera-bendera. Iran menyatakan akan membuat dan meluncurkan beberapa satelit lagi dalam tiga tahun ke depan. Jika Iran sudah sedemikian maju, kapan giliran Indonesia?

(dikutip dari eramuslim.com)

Advertisements
Comments
  1. ardi says:

    Luarrrrrrrrrr biasa Iran! Sudah saatnya dominasi bangsa Amerika yang sombong semena-mena tidak berperikemanusiaan dilibas. Masyarakat dunia butuh bangsa maju yang bisa bersikap adil memimpin dunia. Live Iran..Live Mullah..!

    Like

  2. pakarfisika says:

    subhanallah…kapan Indonesia bisa kayak ituya…

    wassalaam

    Like

    • Danar says:

      @ pakarfisika : saya sama sekali nggak ragu pak Indonesia bisa begitu. Masalahnya, Indonesia ditekan terus pak. Hemat saya, mau diexpose atau tidak pemerintah harus mendorong ke arah sana. Apalagi kalo sudah develop nuklir. Negara2 besar pasti mikir2. Karena kita punya bargain. Apalagi Malaysia & Singapore, juga tak berani macam2.

      Like

  3. Anggi says:

    Iran is the best of the best. Iran bisa begitu karena dia sudah independent, lepas dari cengkraman negara adikuasa. Indonesia tidak akan bisa begitu selama dia masih bergantung dengan Amerika

    Like

  4. banjow says:

    Setuju, barat selalu memojokkan Iran dengan alasan-alasan yang gak jelas, padahal semua itu untuk tujuan damai. Mereka sebenarnya takut dengan kekuatan Islam, dan selalu cari alasan untuk mencegahnya.

    Like

  5. wawan says:

    indonesia yg gemah ripah loh jinawai , telah dan terus bangga menjadi sapi perah… barat karena apa mental pejabat dan rakyatnya yang korup

    Like

  6. Enno says:

    viva IRAN i’ll allways support.. say no capitalism…

    Like

  7. ugie says:

    maju terus Iran. kembangkan teknologi untuk perdamaian umat manusia, jangan hiraukan opini2 yg selalu memojokan, mereka itu iri dan merasa ciut, teknologi adalah hak untuk setiap manuasia & bangsa di dunia.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s