Mengenal skenario deathmatch lebih dalam

Posted: February 27, 2008 by Pak RT in Basic Tactics
Tags: , , , ,

Game ini simpel tapi nggak pernah ada matinye! Paling enak dipake buat pemanasan. Tapi walaupun ini cuma pemanasan bukan berarti gak bisa digali lebih dalam. Banyak strategi yang bisa kita otak-atik lho. Buat yang belum tau apa itu deathmatch, kurang lebih game ini akan dimenangkan tim yang paling cepat menghabiskan lawan.

Oke, mari kita kupas strategi apa yang memungkinkan diimplementasikan di skenario ini.

Untuk artikel kali ini mari kita bedah (saya sebut strategi ini-terserah apapun namanya) strategi Blind Wing.

Kenapa begitu? Karena strategi ini bertumpu pada aksi melumpuhkan satu sayap lawan.

Gimana sih maksudnya gue gelap banget nih? 

Oke, kurang lebih seperti ini pemaparannya :

Strategi Blind Wing kita mainkan dalam 4 fase :

 

SUPPRESSING

INFILTRATION

AMBUSH

TAKE CONTROL

 

SUPPRESSING

Misi utama dalam strategi Blind Wing adalah memandulkan kekuatan lawan di salah satu sayapnya. Itu FOKUS kerja tim kamu.

Oke kita misalkan kamu ingin memandulkan sayap KANAN lawan (dilihat dari arah tim kamu, tentunya). Tempatkan beberapa designated marksman (DM) – 1 atau 2 orang -(saya nggak kepingin menyebut sniper. Ada perbedaan antara sniper & designated marksman). Tempatkan mereka di base kamu & pastikan lawan bisa bebas melihat DM-mu ini.DM bertugas

Kenapa? Ini bagian dari psy war. Perang mental, bro. Tapi ini opsional, bergantung situasi medan.

Fokus buat tembakan menekan (suppressing fire) di sayap KANAN. Jangan beri kesempatan lawan untuk mengisi ruang-ruang di sayap KANAN! Biarkan posisi lawan berlimpah di sayap lainnya. Ingatkan hal itu pada tim DM kamu! Kalo gagal, kepala taruhannya!! (Maksudnya bisa kepala ayam atau kambing yang bisa disantap setelah game berakhir- biar fun gituh!! 😛 )

Pilihlah kawan-kawan kamu jadi DM yang kapasitas airsoftnya ada di kisaran 400-450 fps. FPS tolong disesuaikan dengan ROE & ROG dimana kamu biasa bermain. Oke? Mau main hardcore atau standar it’s up to you lah. Cuma tanggung sendiri resikonya.

 

INFILTRATION

Nah, disaat yang sama siapkan 1 tim yang menjadi wingman. Tim ini bergerak menyusup ke sayap KANAN. Jumlahnya 2-3 orang (atau kalo memungkinkan boleh lebih).

flankingPerhatian, tim wingman & tim DM harus selalu terkoordinasi! Jangan sampe tim DM ngurus hal-hal diluar yang sudah dibebankan (jangan sampe DM sibuk sms/melayani panggilan via HP-tolong dering HP dimatikan…hehehe) sehingga tim wingman nggak terlindungi. Bisa fatal akibatnya.

Usahakan tim wingman sabar untuk nggak bikin kontak airsoft (bukan kontak s*nj*t* :P ) dengan lawan. Kita ingin pergerakan wingman tidak diketahui lawan. Cukup lawan hanya terFOKUS pada DM kamu. Biarkan mereka sibuk membalas tembakan DM. Sementara tim wingman melambung ke sayap kanan. Oke? 

Supaya lebih taktis pergerakannya, lakukan leapfrog. Manfaatkan pohon, batu atau semak untuk bersembunyi.

Kita masuk tahapan berikutnya.

 

AMBUSH

Apa konsekuensi ketika sayap KANAN lawan dimandulkan? Otomatis lawan akan membuat manuver di sayap KIRI. Kalo lawan melakukan hal ini artinya tim kamu sudah memimpin satu poin. Biarkan lawan bebas bergerak di sayap itu.

Apa langkah selanjutnya?

Pilih beberapa orang (2-3 orang) siapkan perangkap ambush atau penyergapan. Sebelumnya kamu harus cermat membaca medan. Jalur-jalur mana yang bakal ditempuh lawan untuk masuk ke wilayah tim kamu. Nah, di jalur itulah kamu bisa set up skenario penyergapan. Tim ambush juga mesti sabar menunggu lawan masuk. Buatlah persembunyian yang nyaman untuk waktu yang cukup lama (yah sekitar 2-3 hari lah…eh sori, 10-15 menit lah).

Tim ambush gak neko-neko syaratnya, cukup EKSTRA SABAR. FPS mentok di 290 itu gak masalah! Yang penting harus sabar. Karena kita bisa mengeliminasi lawan cukup dengan modal FREEZE saja.

 

TAKE CONTROL

Nah, kalo dirasa skenario berjalan mulus barulah tim wingman bisa bergerak lebih jauh untuk masuk ke jantung pertahanan lawan. Tentu tetap diback up oleh DM yang demen obral tembakan.

Tugas tim wingman bisa mengeliminasi sisa personil lawan atau gasak bendera (kalo pake skenario rebut bendera).

Kalo tim ambush telah sukses dengan misi utamanya dan mereka mau ikut gabung dalam pesta terakhir it’s OK-lah. Suasana pesta bakal makin marak kan?!

 

OK mudah-mudahan tulisan ini ada manfaatnya.

Kasih comment dong, jangan cuma baca doang. Supaya saya juga bisa belajar. Hehehe, maksa ya. Kalo ga mau juga ga apa2 kok. Cuma kalo ga comment sori kagak dapet jatah THR 😛

Advertisements
Comments
  1. Andy says:

    wow.. kayknya seru juga nih..
    tapi dengan skenario tsb memang asyik bgt klo berjalan sesuai rencana, jadi kyk di film2 itu yahh..
    Tapi gmn dg masalah komunikasi, apa mutlak harus dg radio komunikasi (klo ga bermodal gmn?? heheh..)
    Ato misale dg bahasa2 isyarat visual bisa ga ya kira2?? (ksh trik/tips nya sekalian donk pak, hehehee -lagi-…)
    Soalnya 2 sayap medan tu kan bagusnya jaraknya agak jauhan (lucu kan klo sayapnya juga keliatan dari sayap yg satu) mksdnya bgm mengakali miss komunikasi klo2 ada tim yg dah sukses ato malah gagal misinya..
    misalnya niat kita mo memandulkan sayap kanan, ee.. ternyata malah kita yg bobol dr sayap kanan, kan para pengendap2 kita ga tau tuh, n tau2 dah ketembak di pantat, hehehehee…

    thax.. bagi2 lagi donk cerita2 serunya..
    Andy.

    Like

  2. Danar Ajipratomo says:

    Makasih buat tanggapannya Pak/Mas Andy-saya kasih tanggapan bukan berarti saya ahli…saya juga masih belajar. Ada yang jauh lebih ahli daripada saya. Tapi daripada gak dikasih komentar yang mana daripada gak dikasih komentar (copy Parto:)) ya saya tulis di bwh ini :

    Kunci keberhasilan di skenario ini, selain FOKUS, adalah KOMUNIKASI.

    Gimana kalo nggak bermodal??

    Tenang…perang jadul juga setiap personil gak dibekali radio komunikasi. Jadi pasti ada triknya.

    KOMUNIKASI akan terasa sangat2 penting waktu kita main di satu tempat yang barikade/penghalangnya banyak & lebat. Contoh, skenario hutan/woodland amat sulit berkomunikasi lewat visual begitu terhalang semak lebat. Saya harus mengakui, radio komunikasi itu efektif banget buat berKOMUNIKASI. Jadi kalo ada rejeki ada baiknya kita miliki satu unit.

    Jadi…alternatif solusinya apa?

    Gunakanlah SUARA. Tapi SUARA juga jangan vulgar!
    “WOI! GUS, MUSUH MASUK DARI BARAT! DI DEKET LO!!”
    Ah, kacau ini mah! Ini malah ngumpanin temen sendiri:P
    Jadi gunakan KODE/SANDI. Sepakati dari awal apa aja KODE2nya. Ini untuk menghindari misKOMUNIKASI.
    Mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya. Kalo disini kepanjangan ngebahasnya.

    Nah, gimana kalo misi gagal? Babar blas ga sesuai rencana??

    Kalo anda sudah advance ada baiknya bikin plan B, plan C, dst. Jadi ada back up plan.
    Siapa yang ngatur sekarang plan B ato plan C?? Itulah gunanya team leader.

    Tulisan saya di atas sempat menyinggung DM kan yg posisinya ada di tengah? Nah, team leader bisa ambil posisi di sana, dimana dia bisa lihat seluruh medan. Memang posisi lbh tinggi itu idealnya. Bakal sulit sekali kalo team leader bergabung di satu sayap sementara ga didukung radio komunikasi. Kalo di sepakbola mirip tugasnya dgn playmaker 🙂

    Mau lagi cerita serunya?? Ikutin terus aja ya…
    thx partisipasinya 🙂

    Like

  3. fema says:

    kalo cara antisipasinya gimana buat team lawan…?

    Btw foto-foto waktu kita main disaat gathering mana mas? Liputannya kayanya belom naik nih… heheheh….

    Terus kemaren kan sempet ada insiden Blind Shoot sama SUPERMAN mas.. antisipasinya gmn? kalo temen-temen sih maunya langsung berhenti aja permainannya, tp kalo menurut mas Danar gmn? soalnya kalo langsung berhenti aja takutnya sakit hati team lawan dan gak mau main sama kita lagi..

    Padahal ASG kan buat nambah temen ya mas… hehehehe

    Like

  4. Danar Ajipratomo says:

    Soal liputan kemaren sabar ya 😛
    Lagi banyak deadline jadi urusan blog ditunda 🙂 bentar lagi kok.

    Eh kalo ada foto2 dari kamdig yg laen bagi2 dong! 🙂

    Oh ada ya insiden itu? (wajah pura2 bloon).
    Waduh jgn berhenti dong, kasian entar yang lain. Dibikin prosedur bertahap aja. Kasih peringatan dulu. Siapa tau emang dia gak kerasa saking tebel vest-nya 😛

    Peringatan juga dibikin 3x, misal ya. Kalo 3x ditegur masih mbandel ya kita bikin sesi PERMALUKAN! maksudnya dia diPERMALUKAN di DEPAN UMUM. Saat break biang kerok dipanggil, sebut namanya, suruh ke depan, terus @kita pegang 1 biji bb lalu kita timpuk dia rame2….hehehe

    Like

  5. maman says:

    alangkah bainya pake granat nanas juga pasti tambah pendek waktunya ….iya sekali lempar berapa orang HIT he…………

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s