Melempar Batu Bata Untuk Mendapatkan Giok

Posted: February 28, 2008 by Pak RT in Basic Tactics
Tags: , , ,

Sun TzuAndai Sun Tzu masih hidup hari ini, mungkin dia akan menitahkan baginda raja untuk melatih tentaranya dengan airsoft gun. Kenapa nggak? Lha, ini sudah terjadi di Malang-dimana Kostrad melakukan hal yang sama. Gak salah kan berandai-andai? 😛

Ngemeng-ngemeng (kalo ngomong2 terkesan kurang serius 😛 ) soal Sun Tzu, kemarin menemukan beberapa referensi yang mengulas pemikirannya. Rupanya artikel yang kemarin diulas cocok banget dengan apa yang diungkapkan oleh Sun Tzu. Saya buka-buka eee…taunya dapat 1 jurus yang sudah pernah kita ujicoba dalam beberapa permainan airsoft gun.

 Nama jurusnya,  Melempar Batu Bata Untuk Mendapatkan Giok.

Tapi keren banget namanya. Mirip nama jurus silat!

Siapa aja juga bisa kalo ngumpanin batu bata biar dapet Giok! Bisa?! Tapi mau nggak? Ini nggak semudah yang dibayangkan lho. Apalagi kalo situasi serba menekan. Belum kelar membagi tugas, tim lawan sudah datang menyerbu. Jepit kanan-jepit kiri-kita kejepit di tengah-tengah 😦 Cape dehhh!!

Doktrin strategi ini adalah “Persiapkan sebuah jebakan & perdaya musuh dengan umpan”. Dalam perang, umpan adalah ilusi dari sebuah kesempatan untuk memperoleh hasil. Begitu kata Sun Tzu. Kalo di dunia nyata, harta, tahta & wanita sering jadi komoditi umpan.

Kalo dunia airsoft pake apa ya? (+ saya mikir terus soal ini, tapi betul-betul belum ketemu – kalo ada saya tolong dikasih tau ya?!+) . Nantilah kita pikirkan lagi. Tapi bukan berarti nggak mungkin.

Aha! Mungkin umpan yang bisa kita tebar buat permainan airsoft gun, apa yang menjadi kunci misi. Misalnya, kunci misi deathmatch itu sebanyak-banyaknya mengeliminasi lawan. Ya yang diumpankan ya kawan kita sendiri. Padahal di sekeliling umpan kita pasang beberapa designated marksman atau sniper.

Kalo misinya menyelamatkan pilot, ya yang diumpanin ya si pilotnya. Kalo misinya mencapai extraction point dengan selamat ya umpannya bikin extraction point tiruan…supaya lawan salah alamat. Gitu kali ya?

Jadi, kamu nggak perlu takut kalo ketemu tim lawan dengan modal FPS tinggi. Yang perlu kamu khawatirkan kalo tim airsoft gun kamu memakan umpan yang dipasang tim lawan.

Advertisements
Comments
  1. maman says:

    keren and ajaib tuh startegi hi….hi..hi…….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s