Aku Mau SNIPER! Aku Mau SNIPER!!

Posted: March 18, 2008 by Pak RT in Misc, Sniper
Tags: , , , , ,

Sniper mengendapPercaya deh, ini keinginan buuuuuuuaaaaaanyak pemula ketika pertama main airsoft gun. Rasanya ada sensasi tersendiri ketika musuh sudah masuk dalam scope dan dibidik. Deg…deg…deg. Perasaan berkecamuk nggak jelas mulai menyelimuti. Tembak sekarang atau nanti?? Bingung.

Dan juga sosok sniper yang misterius & ditakuti lawan agaknya memancing penasaran semua pemula (termasuk saya!).

Itulah sensasi sniper. Salahkah ?? Tentu saja tidak!! Tapi sesungguhnya dalam dunia airsoft gun banyak jebakannya!!

Siapa yang pasang jebakan? Ah bukan sapa-sapa. Bukan industri airsoft gun, bukan seller & hobbyist lainnya.

Jebakan terpasang dalam mind set kita. Didalam benak kita yang namanya sniper itu bisa duduk dari jauh, mengintai musuh, begitu terkunci dalam scope – tarik pelatuk….DOR!! Peluru melesat!!

Nggak sedikit e-mail & private message yang masuk & meminta saran model apa airsoft sniper yang most recommended.

Sebelum menjawab, biasanya saya bertanya,” Apa kamu betul-betul siap jadi sniper??” Saya nggak ada maksud menggurui, hanya saja setiap newbie patut menyadari konsekuensi pilihannya. Karena mainan airsoft gun itu mahal, menurut saya. Jadi, sayang, kalo udah beli ternyata HARUS DIJUAL karena kecewa.

Saya pernah punya pengalaman katro 😀 . Saya pinjam airsoft kawan. Karena ngebet banget jadi sniper saya dipinjami model Arctic Warfare L96A1. Panjang barrel-nya (laras) kalo diberdirikan di samping saya bisa sampai leher. Bener-bener panjang!! Belum bobotnya yang bikin minder. Kalo belum biasa bisa langsung nyerah sebelum berperang 😀

Arctic Warfare L96A1 Airsoft gun

Begitu permainan dimulai, saya sibuk mencari posisi yang pas & memperkirakan arah datangnya lawan. Memang itu jurus pertama seorang sniper kan? Belum sempat menemukan tempat yang enak untuk berlindung keburu ketauan lawan. Langsung ditembaki tanpa ampun. Sialnya, lawan berbekal airsoft AEG (elektrik) yang bisa memberondong dalam waktu singkat, sementara airsoft yang saya bawa mekanismenya tergolong bolt action rifle – alias kokang dulu sebelum menembak.

Jelas aja kelimpungan!! Sibuk ngibrit ke kanan, lari ke kiri, loncat gabrug ala harimau, wis pokoke nggak jelas & sebelnya semua itu dilakukan sambil nenteng big baby ini 😦

Wah, udah ampun deh….ngakunya sniper tapi kelakuannya assault 😀 KACAWW!!

Kawan-kawan yang paham apa itu sniper, kalo nonton aksi ngibrit saya kayak gitu spontan pasti ketawa keras. Ya gimana mungkin seorang sniper kok bawaannya gerasak-gerusuk. Belum lagi ketika menarik cocking handle & pelatuk yang terlalu kasar. Wah, betul-betul pengalaman pertama tak terlupakan. Kalo inget suka pingin ketawa 😀

Ada juga jebakan mind set para pemula ketika memulai karirnya sebagai airsoft sniper, yaitu nggak punya kesiapan knowledge & mental tentang medan yang digunakan.

Sebagai contoh, gini deh, permainan dimainkan di tengah hutan lebat disiang bolong. Hutan ini jarang dilalui manusia (kalo gendruwo, kuntilanak and the genk – tau ah! Bukan urusan kita!). Yang namanya hutan tau sendiri lah…banyak nyamuk segede-gede penghapus yang kalo gigit kerasa nyelekit, belum lagi ular lewat!! Hwarakadah!!

Nah, siap nggak ente dengan kondisi itu??

Padahal yang namanya sniper menurut Brokesmith (Sniper, 2000) harus memenuhi syarat :

  • super ekstra sabar (ingat ya 1 shoot 1 kill, sniper bukan JOHNY RAMBO!!)
  • dalam keadaan kritis tidak boleh panik & bertindak terburu-buru
  • setelah menemukan sasaran nggak boleh main asal tembak (dipelajari semua kebiasannya)

Makanya sedemikian hebatnya peran sniper, (saya kutipkan dari edisi koleksi Angkasa “SNIPER, SILENT & DEADLY”) dalam perang Vietnam, pasukan AS penah mengumbar lebih dari 20.000 peluru untuk seorang tentara Vietnam Utara; sementara seorang sniper cukup melepas 13 peluru untuk menumbangkan 10 sasaran terpilih.

Jadi kesimpulan dari srimulat ini semua adalah real sniper rifle jelas-jelas jauuuuuh berbeda dengan airsoft sniper!!

Di dunia airsoft gun peran sebuah airsoft sniper bisa diambil alih oleh sebuah replika SMG (Sub Machine Gun), asal didukung oleh speed yang tinggi. Bayangkan sebuah airsoft SMG tapi punya kecepatan 500-600 fps!!

Saya nggak mengatakan bahwa udah deh nggak usah jadi sniper!”jelas nggak. Saya juga nggak mengatakan “jangan beli airsoft model sniper!” – itu juga bukan maksud saya. Saya hanya ingin menggambarkan realita yang bakal kamu hadapi kalo kamu memutuskan menjadi seorang airsoft sniper.

OK, semoga cita-citamu terkabul!! Kalo kamu udah jadi true sniper tolong lapor ke sekre Perbakin terdekat. Karena negara membutuhkan atlet berprestasi kayak kamu! 😀

Advertisements
Comments
  1. dewa says:

    wilayah mana nie gan.. kalau jogja saya minat. sms 08876849020 / pin 314aa059

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s