Skirmish bersama Rumah Zakat Indonesia

Posted: May 18, 2008 by Pak RT in Basic Tactics
Tags: , , , ,

Logo RZI

Ini kali kedua kami diminta untuk menangani event outdoor training dalam kemasan skirmish untuk Rumah Zakat Indonesia (RZI). Setahun yang lalu kami menangani pelatihan outdoor untuk 70 orang karyawan Retail Funding Corporate Officer (RCFO) RZI Region I (Jawa-Sumatera). Luar biasa sekali tanggapannya. Semua peserta antusias. Bahkan peserta wanita lengkap dengan kerudung panjang juga nggak mau ketinggalan berpartisipasi.

Itu dulu. Bagaimana dengan sekarang? Nah, sekarang kita menyambut 13 orang karyawan. Tentu bukan 13 orang sembarangan. Direkturnya pun turun tangan ikut meramaikan. Maklum sang direktur, Pak Virda Dimas, ini termasuk penggiat airsoft juga-atau lebih tepatnya penggila 😀 Nah, bagaimana ceritanya ber-skirmish-ria bersama 13 orang pilihan? Mari simak perjalanannya…

Sebagian besar peserta belum pernah bermain airsoftgun. Eh, ternyata ada 1 peserta wanita yang terselip dalam rombongan, Bu Heni namanya. Mana fotonya….bentar…..nah ini dia….gagah kan?! 😛 wanita pun tak mau kalah menenteng KalashnikovSuaminya juga ikut kok.

Game 1 s/d 4 biasalah….warming up….skenario deathmatch. Tim yang menang kalo bisa menyikat habis semua personil lawan ATAU berhasil membunuh sang komandan.

Field Situation

Kondisi lapangan tempat skenario kali ini bermain sama persis dengan yang digelar seminggu yang lalu. Skenarionya adalah save the pilot. Peserta dibagi dua : special force dan gerilyawan 🙂

Alkisah sebuah helikopter pemerintah berhasil ditembak jatuh oleh gerilyawan di sebuah bukit. Menurut data intelijen, kemungkinan pilot bertahan hidup masih sangat besar. Untuk mengatasi hal ini pemerintah memutuskan menggelar operasi penyelamatan sang pilot. Namun seluruh dokumen penting yang menyatakan keberadaan sang pilot terjatuh entah dimana.

Jadi misi pertama tim special force adalah mencari letak dokumen tersebut, lalu masuk misi kedua yaitu mencari pilot tersebut lalu membawanya ke extraction point dalam keadaan selamat.

Operasi pun digelar. 6 personil pasukan elit didrop di puncak bukit. Sementara tim gerilyawan baru diberangkatkan dari downhill 5 menit kemudian.

menjaga barisan belakang special forceTidak berapa lama tim special force berhasil menemukan dokumen dan langsung mempelajarinya. Estimasi lokasi pilot ada di sisi Selatan. Tidak jauh dari titik ditemukannya dokumen. Tim special force langsung bergerak menyusuri lembah mengarah ke Selatan. Rumput ilalang yang tingginya sebahu bahkan sekepala menghalangi laju tim special force. Tanpa diduga sebenarnya gerilyawan sudah menanti disana. Wah, ini bisa jadi ladang pembantaian….

Tak berapa lama kontak pun terjadi. Adu tembak tidak terhindarkan. Otomatis pergerakan special force terhenti. Dan saya belum melihat manuver dari mereka untuk mengantisipasi penyergapan ini.

Special Force terjebakSatu persatu personil special force berguguran. Keliatan sekali special force keteteran. Padahal dari pengamatan saya (posisi saya membuntuti special force, selaku observer) personil gerilyawan jauh lebih sedikit. Cuma 2-3 orang. Tapi karena posisi mereka lebih tinggi jadi sangat diuntungkan.

Serangan flanking gerilyawan dari arah barat menambah panjang daftar korban di pihak special force.

Nih gerilyawan yang bikin aksi flanking diam-diam & menembaki dari atas bukit (enak sekali posisinya), sempat terekam kamdig 😛

gerilyawan flanking

Kalo udah kayak gini tentu saja posisi special force kurang menguntungkan. Dan saya itung-itung sudah ada 4-5 orang yang “tewas” di lembah ini. Tapi tim gerilyawan masih setia menjaga posnya. Kayaknya masih ada 1 biji lagi serdadu special force yang tersisa.

Dan, betul!!! Dari jauh saya lihat daun pisang & semak bergoyang-goyang. Posisinya jauh di bawah. Mungkin sekitar 15 meter dari posisi gerilyawan ke arah bawah.

Akhirnya wajah tegang satu orang personil special force muncul di balik dedaunan. Mukanya memerah campur keringat. Keliatan banget menjiwainya 😀

Saya pikir dia mau langsung kabur, karena posisi dia belum ketahuan gerilyawan….eeeee…..malah nyamperin!! Nekat banget!!! Langsung menyerbu & melepas beberapa tembakan sebelum akhirnya serangannya berhasil dihentikan 3 gerilyawan.

Emang susah nyerang dari bawah ke atas kalo nggak disupport kawan satu tim dari sisi yang lain 😦

Tapi tanpa disangka rupanya masih tersisa 1 personil special force yang berhasil kabur dari perangkap gerilyawan tadi dan langsung melesat ke lokasi pilot dan berhasil membawanya sampai ke extracton point. Jadi dari sekian banyak personil special force HANYA 1 yang bisa bertahan hidup & BERHASIL menuntaskan misi!

Gerilyawan gigit jari….hehehe 😛

Di akhir game saat kita evaluasi, rupanya tim gerilyawan sudah mempersiapkan 1 unit-nya untuk berjaga-jaga di sekitar extraction point. Tapi keliatannya unit ini tidak menyangka kalo tim special force + sang pilot berhasil masuk lewat jalan lain dan tiba di lokasi. Jadi unit ini bisa dibilang GAGAL menghelat PESTA PEMBANTAIAN JILID DUA 😀 yah…bisa dibilang di skenario ini mereka nganggur bin sepi order 😀

Tapi nggak apa…overall ini permainan yang menarik. Banyak komentar & penilaian strategi dari kedua belah pihak yang disharingkan saat istirahat.

Good work!! Teriring salam untuk sobat zakat RZI semoga ketika kembali ke dunia kerja semakin tambah semangat setiap menghadapi problematika kerja 😀 okeh???!!!

SALAM PERUBAHAN!!


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s