TUNNEL RATS

Posted: March 12, 2009 by Pak RT in Film
Tags: , , ,
Tunnel Rats The Movie   

 

 

 

Tunnel Rats The Movie

 

Ada yang udah pernah denger Tunnel Rats? Kalo diterjemahkan artinya tikus-tikus yang hidup dalam lubang. Saya coba ulas tentang ini setelah mendapatkan film keluaran tahun lalu dengan judul yang sama.  

Yap tepat sekali! Kalo anda doyan nonton film perang atau baca-baca literatur tentang perang Vietnam maka anda pasti tau topik apa nih yang sedang kita obrolin.

Tunnel Rats ini adalah sekelompok pasukan yang ditugaskan memburu pasukan Viet-Cong hingga ke lubang/ terowongan dalam tanah & semaksimal mungkin membersihkannya. Duel satu lawan satu dalam terowongan gelap so pasti mewarnai misi ini.

Lewat film ini kita bisa langsung merasakan kengerian yang dirasakan setiap prajurit ketika masuk ke dalam lubang yang cuma muat kalo merayap & jangan harap bisa merangkak! Setiap prajurit yang baru tiba sudah disodori pemandangan jenazah rekan2nya yang baru keluar dari tunnel. Hiiii…..

Bisa dibayangkan, pasukan Amerika disergap tiba-tiba di sebuah gunung/ hutan tetapi ketika disearching tak satupun nampak batang hidung si Vietcong. Nggak taunya mereka semua sudah masuk jauh ke dalam tanah.

"Set Perimeter"

"Set Perimeter"

Kondisi tunnel juga digambarkan serupa dengan kondisi aslinya. Sempit & gelap. Bagaimana rumitnya lubang itu, karena di dalamnya nggak sesederhana terowongan yang kita bayangkan. Setiap G.I  harus melalui booby trap yang dipasang sepanjang terowongan. Coba bayangkan, udah sempit dihalangin pake granat yang pin-nya diikat dengan tali merintang mulut terowongan?? Situasi seperti ini diistilahkan dengan Black EchoKalo nggak awas bisa tewas dengan sukses. Yang klaustrofobik hehehe selamet deh… kamu bakalan nggak suka! 😀

Mungkin denah berikut bisa menceritakan bagaimana rumitnya saluran-saluran gelap yang biasa digunakan Vietcong. 

 

Skema Tunnel Chu Chi

Skema Tunnel Chu Chi

Saya belum pernah mendapatkan film sedetil ini tentang tunnel chu chi. Wawasan saya justru baru terbuka ketika main game PC berjudul Vietcong. Untuk ide ceritanya…saya kasih bintang lima!!

 

inside tunnel

"The tunnel is clear"

Jalan ceritanya biasa-biasa saja. Hanya yang nonton film ini harus siap bergidik karena akan disuguhkan tontonan yang “kurang nyaman” secara visual (males ah upload gambarnya!). Saya nggak terlalu doyan adegan obral darah, apalagi pake acara muncrat ke empat penjuru mata angin! Walah!

 

Berbekal sebuah pistol M1911 Colt Government & sebuah army flashlight seorang G.I harus siap nyemplung tunnel. Kadang juga dibekali dengan AN/PRC-25 backpack radio dengan kabel yang terus diulur oleh kawannya diluar.  

Ada fragmen lain ketika seorang G.I masuk terus ke dalam tunnel, tiba-tiba terdengar suara letusan pistol & ketika dihubungi nggak ada sahutan. Kabel radio pun ditarik keluar & ternyata sudah putus. Wassalam deh. Mungkin itu pula kenapa banyak sekali MIA (missing in action) di era perang tunnel ini.

 

Tunnel-nya sempiiiiittt sekali!

Tunnel-nya sempiiiiittt sekali!

Ada satu fragmen dimana seorang G.I kontak senjata dengan 2 prajurit VC (dalam terowongan tentunya). Duel akhirnya dimenangkan oleh si G.I. Tapi masalah nggak berhenti disitu. Gimana cara si G.I ini keluar lubang? Lha, semua lubang terhalang mayat serdadu VC??? Hayo, pasti kamu mikir juga kan? Hahaha…dengan sedikit putar otak akhirnya si G.I mengeluarkan pisau & dimutilasilah musuhnya pada bagian tangan & kaki!! (kok mendadak jadi inget Ryan…hiiiiii).  Untung pengambilan gambarnya dalem terowongan…jadi gelap. Syukur Alhamdulillah. Kalo nggak brutal sekali. Tapi anda akan tetap bisa lihat gimana paha orang dipotong…..hiiiii tiba-tiba hilang nafsu makan nih 😦 . Saya kasih bintang dua buat urusan pendarahan mah!

VC in briefing under the ground

VC in briefing under the ground

Satu hal yang agak mengganggu saya ketika nonton film ini saat fragmen base tentara Amerika disergap abis oleh pasukan VC. Gaya-gaya Johny Rambo pegang senapan mesin, petantang-petenteng, kok ya masih ada…(kalo era ’80 okelah masih dimaklum).

 

Tapi buat pengambilan gambarnya….top deh!! Saya kasih bintang lima juga! 😀

Menarik sekali kalo kita lihat perang ini dari sudut pandang pejuang Vietcong. Bagi mereka hidup di dalam tunnel itu nggak mudah lho. Sudah langka bahan makanan & minuman, mereka terancam mati karena malaria atau serangga berbisa lain yang hidup di dalam tanah. Punya parasit dalam saluran pencernaan sudah bisa dipastikan.

Bayangkan aja biasa hidup di atas tanah sekarang harus hidup di bawah tanah. Itu faktor no.2 perenggut nyawa setelah proyektil peluru. Berat betul resiko perjuangannya.

But overall saya salut sekali dengan perjuangan rakyat Vietnam

Ok, mudah-mudahan ulasan ini bisa kasih sedikit gambaran how struggle the live can be if we live under the ground.

Advertisements
Comments
  1. […] Film is Tunnel Rats.  Gw lagi cari film yang lagi di omongin kang Danar, Tunnel Rats. Kemarin sih sempet liat ada di tempatnya si Roni di depan kantor PLN, masih ada gak […]

    Like

  2. maman says:

    maaf dah lama g buka blog nya mas.. sy sudah lama nonton TUNNEL RAT itu……..film nya sedih sekaligus meneganggan apalagi pas salah satu tentara US nya ditusuk lehernya sama angota Viet-Kong weisss…. seru ei…

    Like

  3. andry says:

    kurang serem

    Like

  4. sasa says:

    sama denga call of duty black ops level 9

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s