Review A&K LR 300

Posted: December 20, 2009 by Pak RT in Review
Tags: , , , , ,

Jagad airsoft Indonesia semakin dimarakkan dengan kemunculan model baru yang satu ini. Bentuknya rada mirip dengan SS buatan Pindad. Tapi nggak ada salahnya kita bongkar semua hal tentang mainan satu ini. Saya bantu terjemahkan langsung dari Airsplat.com (daripada puyeng bacanya, hayo). Let’s go, bro!

airsoft gun A&K LR300 Shorty

Oke kita mulai…spek-nya sbb :

  • Velocity: 380 FPS (0.2 g BB) / Range 160-180 Feet
  • Barrel Length: 12 inches / 30 cm
  • Magazine Capacity: 400 Rounds

Fitur:

  • Popor lipat
  • Adjustable Hop Up and Sights
  • Battery and Charger Included
  • Konstruksi full metal

Secara umum, body-nya mirip dengan body M4 family, namun sayang charging handle-nya cuma aksesoris. Tidak seperti di model M4 beberapa merek (Dboys, JG, dll) ketika charging handle ditarik biasanya dust cover terbuka. Kalo LR 300 ini nggak bisa begitu…jadi dust cover harus dibuka manual & ditahan agar kita bisa stel hop up.

Dust Cover harus dibuka manual

LR300 keluar dalam 2 versi : short & long barrel.

Real Steel History

LR300 Real Steel

Apa ada senpi model seperti ini dalam dunia nyata (real steel)? Ya, ada. LR 300 masuk dalam kategori assault rifle dengan basis M4 Carbine, didesain & diproduksi oleh Z-M Weapons. Ciri khas dari senpi ini adalah efek diverted recoil. Hal ini disengaja supaya mencegah gerak laras yang liar yang berakibat pada akurasi amburadul.

Kebanyakan senpi model AR-15/M-16 dan variannya memiliki tabung recoil buffer yang nongol memanjang di bagian belakang receiver…senpi nggak bisa dioperasikan jika tidak ada benda ini…makanya senpi model AR-15/M-16 menggunakan popor fixed atau telescoping untuk menutupnya. Sementara LR 300 mengatasinya dengan 2 cara :

  1. menggunakan bolt carrier dengan 1/2 ukuran standar
  2. spring pada bolt carrier dilekatkan pada bagian depan receiver

(nggak kebayang kan? Hehehe…sama)

Versi Airsoft

Sebenarnya model ini pernah dibuat replikanya oleh G&G dengan kode GR300.  Tapi kalo anda beli G&G harganya lumayan maknyus…jadi produk A&K ini bisa jadi solusi buat anda yang budget oriented.

First impressions/Packaging
Dikemas dalam kotak coklat polos (tanpa ada embel2 merek)…dan ini dia isinya. Setidaknya kita bisa tau bahwa kemasannya nggak makan porsi ongkos produksi 🙂

Isi dus komplit

Included

Aksesoris yang dimasukkan ke dalam paket : 1 buat hi-cap metal magazine, flash hider, baterai 9,6V 1200 mAh, charger, obeng, kunci stel pisir, kunci popor, 2 buah QD sling swivel/cantelan sling dan BB. Tanpa manual!

Tools

Cantelan sling (swivel)

Gun Specifications

  • Berat : kurang lebih 3kg
  • Panjang : 70-92 cm (dilipat/dibentang)
  • Lebar : 6.3-8.3 cm (dilipat/dibentang)
  • Tinggi: 22.8 cm
  • Sight Radius: 26.6-36.8 cm (jika rear sight dipasang paling belakang)
  • LOP: 14.25′ (kagak ngarti LOP itu apaan?)

Externals:

Upper & Lower Receiver Full Metal

Yang pasti metal mendominasi konstruksi mainan ini. Kecuali pada frontguard, pistol grip & pantat popor yang terbuat dari plastik ABS.

Popor Lipat

Saya paling naksir bentuk popornya yang ala skeleton, dan 100% mak plek dengan aselinya (jadi teringat dengan SS1). Bahannya terbuat dari metal yang kokoh. Cara melipatnya, popor diangkat sedikit lalu dilipat ke arah kiri (sistem engsel pintu) sampai berbunyi “klik” terkunci. Popor ini terhubung dengan baik pada body lewat sekrup…makanya disediakan obeng dalam paket.

Perlu diingat, receiver LR 300 berbeda dengan M4 pada umumnya. Jadi kalo mau diganti…hmm pasti nggak bakal cocok. Khususnya upper receiver (lower receiver sih masih sama). Untuk charging handle seperti sudah saya tulis di atas, tidak bisa membuka dust cover jika ditarik (saya jadi teringat dengan M4 jaman dulu-mengadopsi sistem yang sama). So, dalam hal ini, A&K…koe kok jadul sih! 😦 nggak keren ah!

Dust cover harus dibuka manual & ditahan selama penyetelan hop up. Jika sudah selesai, lepaskan jari anda maka dust cover akan menutup otomatis dikarenakan ada per yang menahannya.

Marking pada fire switch

Sekarang kita beralih ke receiver. Bagi anda marking-mania harus kecewa karena LR300 ini tidak membuat marking apapun kecuali yang ada di fire mode (dua sisi). Syukurlah itu bukan sablon biasa tetapi diukir (engraved) dengan laser.

Mag catch (kunci mag) untuk melepas magazine standar2 ajah…dan seperti AEG M4 lainnya, bolt catch (kunci bolt) juga hanya aksesoris, tidak ada fungsi.

Untuk pistol grip saya menyukai teksturnya. Agak beda dengan tekstur M4 biasanya.

Pistol Grip

Oke…karena terlalu panjang, kita sambung ke edisi berikutnya. ok?

thx.wassalam

Advertisements
Comments
  1. abah indehoy says:

    Hade pisan reviewnya… silahkan tuan mampir ke http://regroup.ning.com khusus buat pecinta ersopter & dar der dor enthusiasts. Masih sepi pisan, kang Danar tulung atuh euy ! sosorakan diditu 😀

    Like

  2. abdurrazaq ketemu manhaj says:

    salam kenal,,harganya brpa??ke pekanbaru +ongkir

    Like

  3. Dimas says:

    Second nya berapa ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s