Review A&K LR 300 part 2

Posted: December 23, 2009 by Pak RT in Review

Kita lanjutkan lagi reviewnya…

Kali ini kita fokus agak ke depan…kita akan kupas front set & part-part yang menunjang performa LR300.

Mariii….

Dalam paket A&K LR300

Mari kita lirik handguard yang bentuknya unik (bentuk tabung), yang didalamnya tersembunyi sekering & tempat menyimpan baterai. Karena berbentuk tabung jadi nyaman dipegang. Namun sayang, agak sedikit oblak (goyang-goyang), kurang kokoh.

Handguard

Coba perhatikan, ada 5 lubang pada bagian bawah handguard. Lubang tsb berguna untuk melekatkan swivel/ cantelan sling. Posisi swivel bisa kita pindah-pindah sesuai selera….bisa di depan atau di belakang handguard.

Ketika handguard dipasang ke receiver hati-hati jangan kebalik! Ada 2 sekrup pada handguard kan? Nah, itu harus menghadap ke atas sejajar dengan upper receiver.

Bag.ini harus menghadap ke atas! Jgn kebalik!

Untuk memasang baterai, handguard bisa digeser ke arah depan. Emang agak seret (katanya!)…tapi apaboleh baut? 😀

Setelah terbuka barulah baterai bisa dipasang. Tutup kembali handguard & pastikan terkunci.

Handguard bisa dibuka untuk tempat menyimpan baterai

Yang istimewa dari LR300 adalah sling mount bisa ditempatkan di 10 titik yang berbeda. 9 titik ada di handguard & 1 lagi ada di bagian kanan popor. Tinggal pasang dimana anda suka & yang penting mainan ini nyaman disandang. Dengan sistem QD (Quick Detachment) membuat sling swivel bisa dipindah-pindah dengan cepat.

Swivel menggunakan sistem QD

Sekarang kita tengok front sight terbuat dari solid metal. Posisinya menjepit barrel. Bisa dibuka menggunakan obeng yang disediakan dalam paketnya.

Front Sight alias pisir depan

Sementara outer barrel ukurannya cukup panjang & untunglah tidak oblak! Untuk versi yang long bisa mencapai 14mm dengan sistem putar berlawanan arah jarum jam (beberapa airsoft mengadopsi sistem searah jarum jam! Penting utk diperhatikan jika anda berniat membeli outer barrel baru).

Nampak di foto outer barrel berwarna oranye, tapi jangan khawatir ini disebabkan airsoft tsb menyesuaikan dengan regulasi di Amerika sono. Kalau untuk di Indonesia, kita masih punya keleluasaan…jadi warnanya masih tetap hitam, kecuali banyak terjadi penyelewengan/penyalahgunaan airsoft gun. Kalo sering terjadi hal-hal demikian, nggak menutup kemungkinan pemerintah memberlakukan aturan orange tip ini.

Flash Hider model Phantom

Untuk iron sight alias pisir terbuat dari metal dan bisa dilepas, jadi bisa kita pasang di titik yang kita butuhkan. Untuk pisir depan tidak terpasang pada rel tetapi pada barrel. Dan yang penting, elevasinya bisa distel sesuai kebutuhan saat me-zeroing. Sementara pisir belakang bisa dilepas pula. Jika posisinya nyaman di tengah…ya silakan, jika tidak anda bisa atur sesuai selera. Emang aneh ya posisi rear sight kok di tengah…tapi it’s OK beberapa operator merasakan lebih mudah mengarahkan laras bila pisir ada di posisi tsb.

Rear sight alias pisir belakang

Untuk pisir belakang (lihat di foto) tersedia knop untuk menyetel elevasi (tinggi-rendah) dan windage (kanan-kiri) yang mudah dioperasikan langsung dengan tangan. Pisir belakang berdiri di atas rel 20mm yang bisa anda pasang berbagai macam jenis optik.

Secara umum, LR300 agak2 nggak lazim karena posisi pisir belakang justru di tengah. Sayang, handguard-nya masih oblak, mungkin bisa diakali dengan menambahkan sekrup pada titik tertentu, tapi hal ini bisa mempersempit ruang tempat baterai.

Marking:
Tidak ada marking kecuali bagian fire selector.

Magazines:
Untuk mag nggak perlu khawatir karena kompatibel dengan mag dari merek JG, SRC, MAG, Dboys, Echo1, UTG, ICS dan TM. Kapasitas 400 butir BB & terbuat dari metal.

Performa:

Telah dilakukan ujicoba 500 tembakan menggunakan BB TSD 0.2gr diukur menggunakan Madbull V1 Chrono :

  • High: 436.7 FPS
  • Low: 422.8 FPS
  • Rata2 >10 tembakan : 431.3 FPS
  • Rate of Fire (ROF) : 10 RPS (baterai standar), bisa dapat 13 RPS (Baterai Echo 1 10.8v) – jadi baterai yg OK bisa menambah ROF.

Untuk akurasi, arah tembakan lumayan lurus. Dengan kombinasi 430 FPS & inner barrel pendek bisa menembak target seukuran manusia dari jarak hampir 50 meter 90% tembakan mencapai sasaran. Sangat direkomendasikan menggunakan BB 0,25gr. Kalo masih nekat pake BB 0,2gr memang FPS tinggi tetapi akurasi berkurang.

Jeroan :

Buat anda yang sudah terbiasa menghandel M4 ketika membongkar LR300 pun nggak akan merasa asing. Hanya perlu diperhatikan saat membongkar unit ini karena bolt catch (hayo, mana yang namanya bolt catch?) akan mengGORES upper receiver.

Gearbox versi 2

Jika sudah berhasil membuka receiver anda akan menemukan gearbox (seperti dalam gambar) versi 2, dimana kabel keluar dari arah depan. Kualitas kabel lumayan fleksibel & keliatannya bisa menjamin lancarnya arus listrik. Motornya masuk kategori high torque, maksudnya lebih cocok jika spring/per diganti dengan yang seukuran 130. Bushing sudah metal dengan ukuran 6mm. Spring guide metal, piston & head piston terbuat dari nylon.

Penampakan Metal Bushing

Untuk gear (roda gigi) langsung distempel merek A&K.

Gears LR300

Inner barrel hadir dalam ukuran 345mm. Hop up chamber pun metal dengan desain 1-piece (bukan 2-piece).

Inner Barrel

Hop Up Chamber

Nozzle

Positif:

  • harga relatif terjangkau
  • FPS sudah maknyus…!
  • 90% Full metal
  • Popor lipat solid
  • Konstruksi keseluruhan kokoh & mantap

Negatif:

  • Goofy handguard attachment
  • Ruang untuk baterai kecil
  • Handguard sulit dibuka
  • Finishing area engsel popor kurang halus

Overall:
Sebagai gebrakan A&K, model LR300 patut dilirik karena belum ada pabrikan lain yang memproduksi model ini, kecuali G&G, hanya sayang harga G&G kurang bersahabat dengan dompet saya & dompet sebagian besar kita semua 😀

Advertisements
Comments
  1. Umar says:

    Bro bedanya yg Long Rifle sama Short Rifle apa aja yah? btw salam kenal bro, nubie nih 🙂

    Like

    • Danar says:

      namanya juga Long ama Short, ya cuma beda ukuran barrel. Yg satu panjang, yg satu lagi pendek. Udah…cuma itu doang.
      Minat? Saya ada nih 1 unit…cuma belum naik tayang nih…

      Like

  2. yoga says:

    Mas, aku punyaku sepertinya baterainya yg rusak….
    kemaren aku pinjam baterai teman bagus…. tapi klo pake batrenya sendiri gak bisa nembak…
    dmn bisa beli batreynya????

    Like

  3. Farlis says:

    Mas klo mau upgrade lr300 untuk ninggiin fps gimana caranya

    Like

  4. rizki says:

    hhheheheehe ai punya 1 d rmh .. cm gni mungkin punya ku termasuk model keluaran pertama.. di ajak gila gilaan sukir aman2 aja.. nah yg terbaru ada temen beli baru 1 kali sukir d bawa brust.. piston lngsng ronntookkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk…. hehehe

    Like

  5. trifa says:

    minta nih harga berapa? baru or second

    Like

  6. Rian says:

    ada nggak ya yang mau jual A&K LR-300, kasih info ya kalau ada… thank’s

    Like

  7. Rian says:

    Mas Danar masih ada nggak ya A&K LR – 300 nya, kalau masih ada hub saya ya.. 081367403845

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s