Bisakah Anda Membedakan Airsoft atau Senpi?

Posted: January 11, 2010 by Pak RT in Safety
Tags: , , , , ,

ditodong pistol

Mungkin anda pernah baca berita di media seperti ini :

“Komplotan perampok uang milik Bank BNI senilai Rp 15 miliar tampaknya bukan pelaku profesional. Senjata yang mereka gunakan untuk menakut-nakuti korban pun hanya senjata mainan.“Tidak ada senjata api, hanya senjata api mainan dari plastik,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Metro Jaya, Kombes M Iriawan, di Markas Besar Kepolisian RI, Kamis 23 Juli”

Berita seperti sudah berkali-kali kita dengar/baca. Para kriminil memanfaatkan replika senjata api untuk melancarkan aksinya. Masyarakat tentu semakin takut dengan kenyataan yang tidak pernah terjadi dalam kurun 5 tahun terakhir.

Tulisan kali ini saya ingin memberikan tips-tips bagaimana orang awam bisa membedakan antara senjata api dengan replika.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada 2 model replika senjata yang sangat digemari dalam dunia airsoft gun : rifle (senapan) & handgun (pistol).

Model tenar macam M16 termasuk kategori rifle/senapan. Tapi saya pikir kita nggak perlu membahas ini karena model ini yang paling tidak digandrungi para penjahat.

Kenapa? Kayaknya udah jelas jawabannya…yang PERTAMA, ukurannya terlalu besar & tidak praktis untuk dibawa kemana-mana. Bayangkan, rifle segede gitu mau disembunyikan dimana coba?? KEDUA, sama sekali nggak lazim ada perampok mau nodong pake rifle. Apalagi rifle full aksesoris…ada senter, infra merah dan optik pendukung…mungkin yang ditodong bisa jadi kurang ngeh 🙂 kalo anak2 airsoft begitu ditodong kayak begituan, respon pertamanya adalah “Mas, saya minat green lasernya…mau dijual berapa? Harganya goyang lagi dong…!” 😀

pistol dalam tasJadi, pilihan atas handgun menjawab harapan para kriminil (baca : orang yang berniat jahat) karena UKURANnya yang kecil sehingga mudah disembunyikan dibalik baju/jaket sebelum beraksi. Dan, efek shock-nya jauh lebih meyakinkan karena masyarakat tahu itu pistol (apalagi model revolver seperti yang biasa digunakan Polisi).

Saya mencoba mendiskusikan masalah ini via milis & mendapat masukan dari kawan-kawan SAG-ID, saya mencoba merangkum beberapa FAKTA yang bisa sedikit membantu bagaimana membedakan senjata api aseli & mana yang mainan/ replika :

  1. Inner Barrel. Ketika ada aksi kejahatan menggunakan senpi/ airsoft secara VISUAL kita bisa lihat dari inner barrel. Apa itu inner barrel?? Inner barrel adalah tabung yang ada dalam laras senpi/ airsoft. Kalo airsoft, yang masih standar, biasanya menggunakan material kuningan (jadi warnanya, KUNING) atau aluminium (walaupun sebenarnya kalo orang mau niat jahat sangat mudah. Tinggal dicat dengan cat semprot!)…tapi kalo penjahatnya rada2 bloon & membiarkan inner barrel apa adanya…maka anda sudah bisa tahu apakah itu senpi atau airsoft.
  2. Cat bodi eksternal. Nah, yang atu ini juga bisa dijadikan pertimbangan. Karena airsoft adalah barang kesayangan…bisa jadi, cat bodinya pun berwarna hitam, mengkilat & masih bersih. Sementara yang senpi/ aseli, biasanya sudah kusam & banyak cat yang sudah hilang (mungkin karena penggunaan yang intensif dalam waktu yang lama). Kalo senpi yang tidak terawat bisa jadi ada karat (kalo milik aparat rasanya pesimis menemukan senpi berkarat, biasanya rapi terawat…paling2 cat yang sudah memudar karena tergerus keringat), . Jadi, kita bisa jadi lebih takut dengan pistol yang berpenampilan tak terawat dibanding yang terawat.
  3. Model & Merek. Masyarakat perlu tahu berbagai macam model handgun yang ada di pasaran. Sering kali masyarakat kita main pukul rata dengan istilah, seperti mengistilahkan odol dengan nama Peps#d#nt. Padahal itu nama merek. Begitu juga dengan pistol, sering disebut FN! Padahal ini juga merek! Sangat banyak model yang beredar di pasaran senpi Indonesia, ada 1911, Glock, Sig P226, STI, SPS, CZ dan lain-lain (tentu yang paling banyak beredar tetep…PINDAD!). Dengan mengetahui berbagai merek & model, kita tahu apakah yang digunakan untuk kejahatan itu senjata api ataukah mainan belaka. Contohnya, jika ada perampok menggunakan pistol seperti dalam foto di bawah ini : HiCapa-Profileanda boleh ketawa (tapi dalam hati ya! Khawatir perampoknya tersungging lalu anda di DOR!) karena ini model yang biasa digunakan dalam kategori sport.

itu dia 3 tips membedakan senapan api dan airsoft gun. Mudah-mudahan bermanfaat. Atau mungkin ada yang ingin ditambahkan?

Advertisements
Comments
  1. Zulkarnain Akbar says:

    mas danar ada satu pertanyaan saya, ketika kita berada dalam situasi tersebut apa yang harus dilakukan, bila saya baca dari penjelasan mas diatas saya sedikit kurang jelas bagaimana membedakan itu adalah senpi atau ASG dari jarak yang relatif tidak dekat atau bukan pada jarak todong seperti gambar diatas karena secara fisik marking dan lain sebagainya sangatlah mirip. mohon petunjuknya mas karena itu mungkin dapat saya jadikan referensi untuk anggota kemanan di komplek saya mas. terimakasih

    rgds.
    Zulkarnain Akbar

    Like

  2. Danar says:

    salam kenal mas Akbar,
    jika situasinya spt yg mas sebutkan, maka dari 3 point yg saya tulis, point pertama harus saya hapus. Karena agak2 sulit melihat inner barrel dari kejauhan. Tinggal point 2 & 3. 2 point ini bisa didapat dgn latihan/sering2 lihat berbagai macam model handgun. Kalo anggota polsek terdekat ada yg mau baik hati memperlihatkan handgun real steel…wow luar biasa tuh!

    Tapi ada yg saya lupa dari tulisan di atas. Sebenarnya jika kita bisa mencuri pandang di bagian pantat mag, kita bisa lihat ada katup/valve tempat pengisian gas. Itu kalo anda beruntung. tapi kalo penjahatnya pake mag CO…pasrah deh. Karena kita nggak akan bisa lihat valve itu.

    Jadi intinya cukup sulit mas. Sekuriti di komplek mas harus pernah menimang & memegang berbagai model handgun. Kalo mas punya boleh ajak mereka utk mencobanya. Dgn begitu knowledge mereka soal senpi/airsoft bisa bertambah.

    smg bermanfaat…

    Like

  3. kumon says:

    dari markingnya juga bisa kayaknya, penjahat mungkin gak bakalan pake p1st0L mainan yang mahal apalagi yang full metal dan gbb, palingan spring yang <50k

    Like

  4. Yohandani says:

    jangan lupa untuk melihat lubang pengisian gas (valve) yg terdapat di pantat mag. Kalau real-steel tidak ada di pantat mag, tetapi dibelakang/dibawah pemicu gas(posisi mag keluar). Juga aksesoris; mungkin seperti Berreta M92 real-steel(spt punya saya) dgn M9 FM (Gbb airsoftgun), terlihat jelas bedanya, selain di marking juga di bagian lubang gantungan di dekat ujung mag. kalo real-steel, lubang mengarah ke depan, kalo airsoft, mengarah ke samping.

    So. bila kurang jelas, silahkan komen di email saya atau pun di Fb saya( search almt email saya saja).

    Like

  5. Khalid says:

    Bang adeg Mw Cari Senjata Keren Tapi Murah ? ? ?
    Ada Gx ‘)

    Like

  6. alfatih says:

    yah..senapan rampok kebanyakan memang handgun, nah kalo ddaerah bekas konflik, liatin aj dberita…. AK 47, M16 (curian) dll…..

    Like

  7. david says:

    bro mau nanya, apa itu valve dan bagian mana pada pistol??
    saya tidak mengerti ada yg bilang pistol A 2,5joule pistol B 4joule pistol C 6,5joule dibagian mananya yang disebut valve itu??? joule itu apa bener tekanan? daya dorong??
    mohon reply ya thanks… pengen tau valve itu apa pada pistol thanks

    Like

  8. Esa says:

    Bang saya mau nyari senjata api mainan yang mirip kayak dipake brimob ss1 dimana ya… bisakah minta bantu order dan berapa harganya..? Saya kpingin punya karena di tempat saya kerja daerah pelosok OKI Sumsel masyarakatnya banyak yg mempunyai bahkan memproduksi senjata api rakitan (handgun). M.Nuwun

    Like

    • Pak RT says:

      perlu diketahui, airsoft BUKAN senjata api. airsoft murni mainan. dan tidak bisa dimodifikasi menjadi senjata api.
      ini penting saya sampaikan utk meluruskan pemahaman masyarakat soal airsoft.
      bentuk serupa tidak berarti fungsinya juga sama.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s