Review GBB : KSC USP .45 System 7

Posted: October 7, 2010 by Pak RT in Jual Airsoft
Tags: ,

Sudah lama juga nggak tulis review. Terakhir review produk ini Tokyo Marui P90. Sekarang ada kesempatan bagus buat review karena atas budi baik pak Alfred (from Magelang) yang meminjamkan unit GBB (Gas Blow Back/pistol airsoft) KSC USP .45 untuk saya bahas. Bongkar sampe similikiti nggak berani ah, kalo bahas boleh lah 🙂

 

Paket KSC USP.45 tlah tiba....hore...hore!! 🙂

 

Sekilas lihat packingnya kokoh, nggak sembarangan seperti dus polos. Warnanya biru, menarik buat dibuka…apa isinya ya??? Slurp….yummy…yummy 🙂

 

Jiaaah....isinya begitu menggoda imron 🙂

 

Dibalut busa keras styrofoam abu2 khas KSC…yuk kita aduk-aduk isinya…..yuuukkkk!!

Kelengkapan di dalemnya, buku manual. Sebelnya KSC, kalo anda & saya baca buku itu mendadak bego. Gimana nggak, soalnya dikasih huruf katagana/hiragana/kanji tuh….kagak ngarti! Kecuali anda yang fasih bahasa dai nippon, boleh anda bantu terjemahin buat sayah 🙂 Era gombalisasi begini, kok nggak dibikinin translate bahasa Inggris…KSC….KSC 😦

 

1.Cleaning rod, 2.Inner barrel cadangan, 3.BB loader, 4.Kunci Hop Up, 5.Kunci Valve

 

Pas pegang unit USP.45 muantep bener beratnya. Memang rasanya nggak seberat kalo anda pegang Baretta. Ya BETI lah (beda2 tipis). Tapi handgrip tidak secungkring (apa bahasa indo-nya nih???) M1911 MEU. Panjang slide hampir sama dengan Glock 17.

Kelengkapannya OK juga. Dikasih inner barrel cadangan lagi. Asoy bener…

Ada satu hal yang menarik perhatian saya. USP.45 punya ruang trigger yang lebih luas dari jenis pistol lainnya. Ini antisipasi yang bagus kalo anda menggunakan glove/sarung tangan yang tebal, jadi tetap mudah mengoperasikan trigger tanpa harus melepas glove.

Masih seputar trigger, trigger guard (pelindung pelatuk) didesain ergonomis, sekali lagi berbeda dengan pistol yang lain. Ada tempat buat meletakkan jari kita saat finger off. Coba perhatikan foto di bawah ini :

 

Perhatikan lekuk trigger guardnya (kiri),saat jari saya off dari pelatuk bisa istirahat dgn nyaman (kanan)

 

Selain itu, yang bikin saya kaget pas slide ditarik, adalah, loading muzzle yang terbuat dari stainless steel, mengkilap bersih tersembunyi di bawah slide. Nih dia fotonya…

Loading muzzle ini bertugas mendorong BB dari mag, masuk ke dalam chamber, sekaligus bertugas menyalurkan gas yang keluar dari mag dan meniup si BB keluar dari barrelnya. Pada kebanyakan GBB ditemui si loading muzzle ini masih plastik. Makanya, banyak yang jual loading muzzle metal. Tapi untuk KSC USP.45 anda nggak perlu repot2 lagi mengganti karena dari sononya sudah stainless steel. Menarik kan? Pasti makin kepengen punya USP.45…hehehe

Model USP (dan mungkin ada beberapa model yang lain) sistem stel hop up juga praktis. Tinggal tarik slide, kunci, sudah keliatan tuh roda hop up. Masukin deh kunci hop up, lalu puter2 sesuai dengan yang kita inginkan. Beres. Ini jauh lebih praktis daripada model Hicapa/1911 dimana kita harus bongkar slide dulu. Karena hop upnya ada di dalam slide. Repot kan? Jadi buat saya USP #1 User Friendly dah!

tuh roda hop up sudah keliatan...tinggal disetel...beres!

 

Untuk pisir/sight, memang pake white dot. Pisir belakang pake double white dot, dan pisir depan pake single white dot. Tapi sayang, tidak bisa fosforesensi alias nyala di malam hari/gelap. Mungkin harus ganti slide custom dulu baru bisa.

Sekarang kita beralih ke magazine. Cuma 1 buah didalam paket (jangan berharap lebih, kecuali anda cari yg merek WE, itupun tidak semua model). Mag-nya ternyata berbeda dengan mag GBB pada umumnya. Mag USP tidak ada ruang terbuka dimana kita bisa lihat susunan bb/peluru yang ditekan oleh per. Disini tertutup sama sekali.

 

Kalo lihat gendut-gendutnya sih mirip dengan mag Hi-Capa. Makanya handgrip juga agak gendut. Tapi it’s OK, buat anda yang punya tangan besar, cocok sekali, tapi yang tangannya kecil jangan kecil hati, masih ada seri USP Compact…hohoho (tukang racun ya saya).

Tombol mag release, untuk mengeluarkan mag didesain dengan sistem Ambidextrous. Maksudnya, tersedia dua tombol di kanan & kiri, sehingga buat anda yang kidal tidak ada kesulitan mengeluarkan mag. Tidak seperti model M1911 MEU yang hanya tersedia di sebelah kiri.

Tombol mag release yang saya kasih panah merah

 

Nah, sekarang yuk kita lihat marking. Ini mainan bertebaran seribu marking. Buat anda kolektor tulen, KSC USP.45 adalah model yang patut anda pertimbangkan untuk menambah daftar koleksi. Saya tidak foto beberapa marking (kelewat), tapi yang ada cukuplah memuaskan batin…hehehe.

Marking everywhere 🙂

 

Ada cara yang unik untuk mengembalikan hammer (bagian yg ngetok2 itu lho, di bag.belakang slide). Cukup dengan menekan kunci pengaman ke bawah.

Untuk kelemahan USP .45, menurut bahasan di forum2, ada di slide stopper yang rentan rusak. Slide stopper yang mana? itu tuh keliatan di sebelah kiri jempol saya! Tugasnya menahan slide tetap di belakang ketika bb habis. Selain itu pula trigger ada kecenderungan patah. Jadi hati2 aja kalo tarik trigger….yang lembuuut. Jangan di-abuse. Dalam hal trigger, memang saya lebih suka model MEU/Hicapa yang tidak ada resiko patah, karena strukturnya yang solid.

Nah, segitu dulu ah…emang banyak yg belum direview…cuma krn lagi dikejar deadline, cukup sekian para hadirin. Soal performance power & akurasi biar om Albert aja yah yang terusin….saya nggak berani ah melangkahi…hehehe

Monggo, pamit mundur & jangan salahkan saya kalo anda keracunan USP.45 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements
Comments
  1. lucu maut says:

    ini harganya di brp ya gan ?

    Like

  2. albert 'gepp' says:

    hehehehe..what a nice provocation, bro!

    Like

    • Danar says:

      hehehe yg punya udah dateng…barang sdh meluncur ya pak. 3-4 hari ternyata, krn nggak ada yg ekspress ke Magelang.ditunggu review selanjutnya 🙂

      Like

  3. ferry says:

    haha bagus tuh gan!!!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s