Razia Airsoft Di Samarinda

Posted: October 14, 2010 by Pak RT in Berita
Tags: ,

SAMARINDA. Menindaklanjuti maraknya tindak kejahatan menggunakan senjata api (senpi), jajaran Polresta Samarinda terus melakukan razia. Sebelumnya menyasar para warga di sekitaran Pelabuhan Samarinda, di Jl Yos Sudarso, Samarinda Ilir.
Kemarin pagi, petugas mengincar para nasabah bank di kawasan Jl Jendral Sudirman, Samarinda Ulu. Tidak hanya itu, petugas juga memeriksa sejumlah mobil yang melintas di sana.
Hasilnya, tidak satu pun para nasabah yang ditemukan membawa senpi atau senjata sejenisnya yang sedang dicari petugas.  “Kami memang menjadikan target para nasabah bank dalam pencarian senpi. Karena informasi yang kami peroleh, diantara mereka ada yang membawa senpi untuk berjaga. Tapi ada pula yang membawa untuk melakukan kejahatan,” kata Kapolresta Samarinda Kombes Pol M Arkan Hamzah, melalui Kabag Ops Kompol A Yusep Gunawan SIK kepada Sapos.
Razia yang digelar di saat aktivitas di bank sedang ramai itu sempat membuat kaget beberapa nasabah. Namun setelah diberikan penjelasan, mereka pun bisa memaklumi.

Bahkan beberapa diantaranya dengan sukarela membuka mobil untuk diperiksa. “Sedangkan para pengguna jalan yang kami razia, hanya diarahkan pada mobil mewah saja. Karena biasanya senpi atau senjata sejenisnya harganya lumayan mahal. Jadi kemungkinan yang memiliki hanya orang menengah ke atas dan memiliki pekerjaan berisiko tinggi,” imbuh Yusep.

Hampir dua jam melakukan pemeriksaan, tapi tidak menemukan senjata yang dicari. Petugas kemudian menuju ke sebuah distributor penjualan airsoft gun, di Jl Sentosa, Samarinda Utara.

Saat petugas tiba ditemukan puluhan airsoft gun berbagai jenis, yang diantaranya sedang diperbaiki. Dari pistol dan laras panjang, diletakkan di kamar tamu dan sebagian diantaranya disimpan di dalam kamar. Saat ditanya petugas, pemilik rumah tidak dapat menunjukkan surat izin impor maupun penjualan.

Pemilik rumah berkilah kalau airsoft gun yang ada biasanya dipesan melalui internet, lalu dijual kembali kepada orang yang hendak membeli. Sedangkan airsoft gun yang ada di kamar, adalah titipan anggota komunitas airsoft gun lainnya.


Untuk keperluan pemeriksaan, petugas mengamankan sekitar 5 buah airsoft gun laras panjang. “Kami mengimbau kepada pemilik senpi atau senjata sejenisnya, seperti airsoft gun untuk menyerahkan senjata yang ada pada mereka secara sukarela untuk pendataan. Bila tertangkap basah membawa maka akan kami sita,” pungkas Yusep. (rin)

sumber : http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/Rubrik/9/5857

Advertisements
Comments
  1. bernat says:

    Wah, gimana dengan nasib kami di Jogja ya? parah nih teroris, membuat permainan airsoft jadi momok yang menakutkan bagi masyarakat…

    Like

  2. yudhadchorus@yahoo.com says:

    dear om-om polisi….itu kan buat olah raga….dari pada anak2 muda sekarang pada maenan DRUGS….kan lebih baik olah raga ekstrim kaya gini….paling ngga di dampingi lah pas lagi maen, atau ikutan maen…toh sama2 buat nambah pengetahuan strategi….
    jangan ngejudge ekstrim itu kriminal…tapi silahkan judge orang2 yang ngebackingin DRUGS DEALER!!!!

    Like

  3. bimbim says:

    Udah pada kurang kerajaan aparat keamanan di indonesia ini… Senapan olahraga dan strategi aja musti disita… parah banget… Pake alasan pendataan segala… padahal UUD dan KUHP alias Ujung-Ujungnya Duit – Kasih Uang Habis Perkara…!!! Urusin aja tuh KORUPTOR yang jelas-jelas merugikan…!!!

    Like

  4. cacco says:

    trus gmna dong klo kita yg di bppn pengen pux tp ga di sita ama babe- babe polisi,, trus mau di salurkan gmna jga hobi kita

    Like

  5. bang ceriwis says:

    om polisi klo airsof gun smua di tangkapin nanti orng pnggemar sof gun tdak ada yg bermain sof gun donk .. . .
    sof gun kan bukan senjata api sesuai uu darurat senjata api kan cuman snjata buat ltihan sja lgi pula tdak bisa di modifikasi mnjadi snjata api jdi klo qta berniat merapok bank kan trgantung niatnya tpi msa sich di jaman sekarng mau ada orng yg merampok memakai sof gun .

    Like

  6. kebetulan tuh…. bawa aja ke kantor polisi… trus didata an dikasih surat kepemilikan trus dikembalikan lg kan 🙂

    Like

  7. rika says:

    Pencitraan kepolisian aj…biar keliatan kerjax,intix mereka pengen salah satu koleksi senjata yg di sita….haha basii

    Like

  8. david says:

    Hoby untuk olah raga aja main sita, koruptor tuh hartanya rakyat disita

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s