Trik Navy Seals Melumpuhkan Perompak Somalia

Posted: April 15, 2011 by Pak RT in Berita
Tags: ,

Perompak asal Somalia

VIVAnews – Tepat dua tahun lalu, seorang warga Amerika Serikat (AS) yang menjadi kapten suatu kapal kargo berhasil dibebaskan dari cengkeraman para perompak Somalia. Militer AS hanya butuh lima hari untuk membebaskan warga itu dengan mengerahkan pasukan khusus Navy Seal.

Menurut kantor berita Associated Press, Navy Seal membebaskan Richard Phillips sekaligus menewaskan tiga perompak dan menahan seorang bajak laut di dekat perairan Somalia, Teluk Aden, Minggu malam 12 April 2009 waktu setempat.

Kapal Maersk Alabama yang dikendalikan Phillips dan 20 awak sempat dibajak empat perompak pada 8 April 2009. Namun, para awak berhasil berlindung di dalam suatu ruangan kapal dan sempat menahan seorang perompak, sebelum akhirnya dilepas. Para perompak akhirnya kabur memakai sebuah kapal kecil dengan membawa Phillips sebagai sandera.

Meski tidak pernah memberi keterangan resmi, Presiden Barack Obama memerintahkan pimpinan kapal destroyer USS Bainbridge, yang terus mengikuti sekoci tempat penyanderaan, agar segera bertindak jika nyawa kapten Phillips terancam. Itulah yang mereka lakukan saat melihat seorang perompak mengarahkan senjata ke arah Phillips.

Panglima Komando Operasi Angkatan Laut AS, Laksamana Madya Bill Gortney, mengungkapkan bahwa operasi penyelamatan sandera berlangsung dramatis. Saat itu nyawa Phillips berada di ujung tanduk saat dia, dalam keadaan terikat, mendapat todongan senapan AK-47 oleh penyandera tepat di belakang kepala.

Melihat pemandangan itu, kapten kapal USS Bainbridge, yang berada di dekat kapal Maersk Alabama, segera memerintahkan para penembak jitu Navy Seal untuk beraksi. Tiga penyandera tewas seketika dan seorang rekan mereka saat itu masih sibuk bernegosiasi dengan juru runding Angkatan Laut tanpa menyadari bahwa operasi penyelamatan tengah berlangsung.

Tim penembak jitu Navy Seal di USS Bainbridge segera mengarahkan senjata ke kepala dan bahu para perompak. Komandan memberi aba-aba tembak, dan tiga perompak berjatuhan. Phillips berhasil dibebaskan tanpa cedera.

Keterangan Foto: Richard Phillips, kanan. (AP Photo/U.S. Navy photo)

Phillips saat itu bertugas menjadi kapten kapal logistik Maersk Alabama untuk mengantarkan 401 paket bantuan pangan dari Oman dan Djibouti ke Mombasa, Kenya. Drama penyanderaan itu membuat pria berusia 54 tahun tersebut menjadi terkenal karena memiliki mental yang kuat saat menghadapi para penyandera.
Dia lalu mendokumentasikan penyanderaan itu dengan membuat buku berjudul “A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALS, and Dangerous Days at Sea.” Bahkan buku itu menginspirasi pembuatan sebuah film dengan menampilkan aktor peraih Piala 2 Oscar, Tom Hanks, yang akan berperan sebagai Phillips

Advertisements
Comments
  1. multi teknik inti says:

    saya percaya kalau kemampuan teknik individu dan kemampuan team serta semangat pasukan elit kita tidak kalah dari pasukan elit manapun. tapi yang masih menjadi tandatanya besar apakah ORANG yang seharusnya menjadi TOP LEADER mempunyai kemauan atau keberanian untuk memberi komando seperti BARACK OBAMA. tetap jaya pasukan elit ku…. aughwa.. aughwa.. aughwa… YES… one shot one kill.

    Like

  2. dodol garut says:

    beuh mantapa tah….kapan nih indonesia berani bertindak…..? bisanya cuma komentar aja dari para pengamat….padahal penyanderaan sudah mau satu bulan….gimana nih pasukan elit indonesia kemana aja mang…..? keburu mati ntar sanderanya donk

    Like

  3. P266 says:

    itu USA yg cm seminggu dlm membebaskn sandera somalia, lah kita udh sebulan lebih PIMPINAN2 kita msh sibuk dengan negosiasi…….mgkn klo jln terakhir jln militer, mgkn sandera kita udh pada koit karena masalah suplai mkn dn minum udh abis…..TOLONG P. SBY SEGERA TURUNKAN MILITER2 CANGGIH KITA …….GREEN BARRET, RED BARRET, PASUKAN KATAK, PASUKAN GARUDA, KOPASSUS yang sebenerny lbh canggih dr USA punya. HIDUP TNI…….

    Like

  4. Sleekboy says:

    pasukan elit Indo kan kopassus! Mereka salah satu paling bagus lho!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s