KM. Sinar Kudus Selamat dan Empat Pembajak Tewas

Posted: May 3, 2011 by Pak RT in Berita

Penyelamatan KM SInar Kudus

Ilustrasi/Admin (BBC)

Selesai sudah misi penyelamatan 20 ABK KM. Sinar Kudus yang disandera oleh perompak Somalia selama kurang lebih 46 hari. TNI bersama PT. Samudera melakukan berbagai upaya penyelamatan dimana kerahasiaan benar-benar dijaga agar tidak mempengaruhi proses pembebasan dan membahayakan jiwa sandera. KM Sinar Kudus dibajak di perairan Somalia saat sedang menuju ke Terusan Suez Dengan membawa muatan Fero Nikel Senilai Rp. 1,4 Triliun. Pemerintah sesaat setelah mendengar kabar pembajakan KM. Sinar Kudus langsung mengadakan rapat kabinet terbatas untuk melakukan upaya pembebasan dengan mengerahkan pasukan komando gabungan yang terdiri dari Kopassus, marinir dan TNI AU untuk melakukan pengejaran terhadap kapal yang sedang di bajak. Tapi karena jarak yang ditempuh terlalu jauh sehingga kapal yang dibajak keburu dibawa lego jangkar oleh para perompak ke daerah sekitar Punt land, Somalia. 

Misi penyelamatan semakin sulit karena sasaran sudah berhasil merapat ke pelabuhan bersama puluhan kapal lain yang juga bernasib sama. Sesuai petunjuk dari presiden dua KRI milik TNI AL ditambah satu helikopter yang dikirim untuk misi penyelamatan hanya boleh melakukan pemantauan dari jarak yang aman sambil mengikuti perkembangan yang terjadi di lapangan. Tidak mudah melumpuhkan para perompak didaratan karena di khawatirkan ada sandera yang di sembunyikan, selain itu perompak juga akan mendapat tambahan logistik dari induknya shingga akan lebih menyulitkan misi pembebasan oleh TNI. Lain lagi bila kapal masih berada di perairan lepas dimana perompak jauh dari induknya dan keberadaan sandera masih didalam kapal untuk segera dilakukan tindakan intercept.

Di Punt land para perompak mengajukan uang tebusan kepada PT. Samudera selaku pemilik KM. Sinar Kudus sejumlah 2,6 juta dollar AS sebagai ganti nyawa 20 ABK yang disandera. Tidak ingin kedaulatan Negara tercoreng akibat ulah para perompak yang dinilai kriminal pemerintah memutuskan tidak ada negosiasi. Tapi apa yang menjadi kebijakan pemerintah ternyata membawa kekhawatiran tersendiri dari keluarga 20 ABK yang di sandera perompak dan berharap pemerintah tidak melakukan opsi militer di Somalia sekaligus mendesak pemerintah untuk lebih mengedepankan negosiasi.

Sebuah pilihan yang sangat dilematis karena disatu sisi kedaulatan Negara di pertaruhkan melawan perompak dan 20 nyawa ABK menjadi sebuah prioritas utama yang wajib diselamatkan sebagai pertanggung jawaban pemerintah melindungi segenap bangsanya.

Selama negosiasi berlangsung pemerintah menutup rapat segala informasi yang keluar masuk demi keselamatan para sandera sehingga menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan publik yang terus mengikuti perkembangan peristiwa pembajakan KM. Sinar Kudus melalui media cetak, elektronik dan internet. Saking sepinya informasi dari pemerintah berbagai kecamanpun timbul dari berbagai pihak dan mengaggapnya pemerintah lamban dan tidak peduli.

Tapi sekarang (3/5/2011) kita melihat sendiri dari suatu pemberitaan media bagaimana upaya pemerintah menyelamatkan KM. Sinar Kudus yang dibajak di perairan Somalia. Setelah uang tebusan didrop di atas dek KM Sinar Kudus, para perompakpun segera mengambilnya untuk dihitung. Dan ketika TNI telah memastikan sandera sudah dalam keadaan aman maka dengan cepat TNI menggunakan speedboat jenis Sea Rider dengan dibantu sebuah helikopter Bolcow untuk melakukan pengejaran. Terjadi baku tembak yang sengit antar kedua belah pihak sampai akhirnya 4 perompak tewas tercebur dilaut.  Dengan begitu berakhir sudah drama penyanderaan yang dilakukan perompak somalia terhadap KM. Sinar Kudus meski memakan waktu selama 46 hari operasi penyelamatan tersebut layak mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari berbagai kalangan dan dinilai cukup berhasil. 46 hari masih tergolong waktu yang singkat ketimbang masih banyaknya negara lain yang rata-rata sampai 150 hari masih belum dapat membebaskan kapal-kapalnya.

Kopassus dan Prajurit Gabungan

Kopassus dan Prajurit Gabungan

kapal penyelamat

kapal penyelamat

Sumber : http://hankam.kompasiana.com/2011/05/02/km-sinar-kudus-selamat-dan-empat-pembajak-tewas/

Biar lambat asal kelakon, itulah ungkapan yang pantas diberikan bagi para Pahlawan penyelamat KM Sinar Kudus. Siapa lagi kalo bukan para prajurit TNI gabungan Kopassus, Marinir dan TNI AU yang kita banggakan. Lambat, tapi penuh dengan strategi yang matang. Segala bentuk kemungkinan serba dipikirkan, karena jangan salah yang kita hadapi adalah para perompak yang sudah berpengalaman dan memiliki perlengkapan yang tidak kalah jauh canggihnya. dalam hal medan pertempuran kita-pun masih belum familiar. Tapi bukan TNI kita namanya kalo  nggak handal dalam pertempuran. Pokoknya salut plus 1000 jempol buat TNI kebanggaan kita..

Advertisements
Comments
  1. JEFRI says:

    Itu baru TNI kita….. saluuuut…….

    Like

  2. lubis says:

    BTW uang tebusan tadi dikembaliin ke negara atau dibawa kemana?

    Like

  3. Kinaryo says:

    Selamat atas keberhasilannya, dan terimakasih atas perjuangannya. jangan seperti bajingan yang motonya “kenapa dipermudah jika bisa dipersulit”. Dirgahayu TNI, masih ada yang dibanggakan di negeri tercinta ini.

    Like

  4. lendy says:

    mantap.!!!

    Like

  5. maz brow says:

    aku bangga dengan TNI…ilove you indonedia ilove you TNI…

    Like

  6. maz brow says:

    aku bangga dengan TNI…ilove you indonesia ilove you TNI…

    Like

  7. TONI says:

    BRAVO TNI,AKU BANGGA PADAMU

    Like

  8. jack says:

    saluttt….buat TNI itu baru namanya propesional,bukan seperti den 88 asal tembak aja…

    Like

  9. Juanda says:

    emang gila tu kopasus
    Jempol 1.000.000.000,-

    Like

  10. Juanda says:

    Aceh Bangga
    Pada kopasus
    mudah2an di bangun Batalion KOPASUS di Aceh

    Like

  11. Dengan tidak mngurangi rasa hormat kepada yg telah bersusah payah memuat artikel d wbsite, tolong jika anda mendapatkan informasi di tanyakan yag jelas…
    jangan asal telan aja trus dimuat di website.bukannya sy memojokan salah satu instansi bagian atau pasukan khusus dr TNI tapi tolong dilihat fakta yang terjadi pada tgl 29 april 2011 hingga 01 Mei 2011.
    Siapa saja dan instansi atau bagian mana yg telah berjuang demi membebaskan para twanan dalam keadaan selamat baik materi maupun personil Mv Sinar Kudus…….
    Yang Bekerja siapa?
    Yang Cuci Tangan siapa ?

    Like

  12. dewa says:

    wah…jadi ingat dulu waktu ikut test AKABRI….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s