JUNGLE WARFARE

Posted: June 21, 2011 by Pak RT in Berita
Tags:
dok : marines.mil

dok : marines.mil

Jungle Warfare adalah istilah yang digunakan sebagai tekhnik  khusus yang dibutuhkan kesatuan militer untuk bertahan dan berjuang di daerah hutan. Jungle warfare ini telah menjadi topik studi yang dilakukan ahli strategi militer dan menjadi bagian terpenting dari perencanaan dalam banyak konflik seperti Perang vietnam dan PD II.

Jungle warfare dikembangkan selama PD II ketika pasukan sekutu berjuang melawan tentara imperial Jepang dihutan hujan tropis, Asia tenggara. Jepang bukanlah satu-satunya yang mengembangkan peperangan hutan. Pada awal perang pasifik (1941-1945), prajurit barat yang mendominasi pasukan aliansi datang dari tanah leluhur mereka yatu Eropa, Amerika Utara dan Australia yang berupa tanah terbuka, daerah landai, dan kota yang umumnya daratan. Tanpa adanya pelatihan jungle warfare, secara fisik dan psikologis mereka tidak terbiasa terhadap lingkungan hutan yang asing dan memiliki ruang-ruang sempit dan tertutup. DI sisi lain, prajurit Jepang yang gesit dan tahan banting beradaptasi lebih baik dengan pertarungan di lingkungan hutan dan akhirnya timbul mitos bahwa Jepang adalah penguasa peperangan hutan. Kebanyakan operasi hutan di PD II seperti di Myanmar dan pulau Pasifik bukanlah peperangan hutan melainkan peperangan konvensional antara pasukan besar yang saling berlawanan di sebuah hutan yang menutup daratan.

giantbomb.com

giantbomb.com

Pioner asli dari jungle warfare kemungkinan adalah pasukan Inggris di malaysia selama PD II. Peperangan hutan ini secara metodis berkembang sebagai cabang dari peperangan non-konvensional seperti perang intensitas rendah, gerilya dan peperangan revolusioner. Setelah jatuhnya Malaysia dan Singapura tahun 1942, beberapa officer Inggris seperti Freddie Spencer Chapman lolos dari penangkapan dan melarikan diri ke tengah hutan Malaysia. Mereka kemudian bersekutu dengan gerilyawan komunis etnis China untuk berjuang melawan pendudukan Jepang dengan memanfaatkan keuntungan lingkungan hutan.

Setelah perang, kemampuan dasar dalam peperangan hutan diasah lebih lanjut dalam Malayan Emergency ketika pejuang gerilyawan Malayan Communist Party (MCP) berbalik melawan sekutu mereka Inggris pada PD II 1948. Taktik awal yang dipakai Inggris melawan gerilya MCP tidak berhasil karena operasi peperangan hutan PD II yang konvensional tidak efektif untuk menghadapi pasukan gerilya yang gesit. Pasukan Inggris dengan cepat menyadari bahwa untuk menghadapi non-konvensional dibutuhkan peralatan non-konvensional di daerah gurun pasir Afrika utara, dioperasikan kembali sebagai Malayan Scouts. Dan SASlah yang mempelopori taktik khusus melawan pemberontakan di hutan Malaysia yang lebat.

disamping kedisiplinan di hutan, penguasaan medan, dan kemampuan bertahan, taktik khusus seperti combat tracking, close-quarter fighting, operasi dengan tim kecil, dan tree jumping juga dikembangkan untuk berperan aktif dalam perang melawan gerilya komunis. Integritas taktik jungle warfare dengan strategi “winning hearts and minds” yaitu peperangan psikologis, ekonomi dan politik berperan penting sebagai paket lengkap melawan pemberontakan. Integritas ini merupakan bentuk awal dari peperangan melawan terorisme. Malayan Emergency dideklarasikan selama tahun 1960 karena gerilyawan komunis yang masih bertahan diarahkan kehutan dekat perbatasan Thailand. Mereka bertahan disana hingga akhirnya menyerahkan senjata pada 1989.

Pengalaman pasukan Inggris melawan pemberotakan disalurkan pada Amerika selama mereka terlibat perang Vietnam dimanan medan pertempurannya lagi-lagi berupa hutan. Amerika dibekali peperangan hutan lebih lanjut dengan membentuk pasukan khusus operasi melawan pemberontakan seperti Special Forces (“Green Berets”), Rangers, Long Range Reconnaisance Patrols (LRRP) dan Combat Tracker Teams (Ctt). Selama dekade keterlibatan aktif satuan tempur AS dalam perang vietnam (1962-1972), peperangan hutan menjadi berkaitan erat dengan perlawanan terhadap pemberontakan dan pasukan operasi khusus. Meskipun Amerika dibekali penguasaan jungle warfare pada level taktik di Vietnam, mereka tidak mengerti sepenuhnya aspek-aspek strategis dalam memenangkan perang pemberontakan berbasis hutan. Oleh karena itu Amerika diperkirakan akan kalah dalam perang Vietnam meskipun pasukan As khususnya pasukan operasi khusus mengalahkan gerilyawan Viet Cong dan tentara Vietnam Utara hampir disetiap pertempuran.

dok. blackfive.net

dok. blackfive.net

Dengan berakhirnya perang Vietnam, Peperangan hutan menjadi tidak digemari oleh sebagian besar tentara didunia. Tentara US/NATO dan USSR/Pakta Warsawa lebih fokus pada peperangan konvensional dengan nuklir untuk dilancarkan di medan tempur Eropa yang hanya memiliki sedikit hutan. Pasukan operasi Amerika seperti LRRP dan CTT yang dibentuk dengan tujuan pertempuran dimedan hutan akhirnya dibubarkan. Pasukan lain yang ahli dalam peperangan hutan seperti Special Forces dan Ranges juga mengalami kemunduran temporer hingga mereka menemukan peran mereka dalam operasi melawan terorisme tahun 1980an.

Pada awal abad 21, kemunduran pemberontakan komunis berbasis hutan diseluruh dunia dan pemerintahan damai diantara negara-negara yang terletak di daerah hutan hujan tropis mengakibatkan peperangan hutan tidak lagi menjadi kurikulum utama pelatihan prajurit konvensional militer barat. Peperangan gurn justru menjadi silabus yang saat ini dibutuhkan baik area perang konvensional maupun non-konvensional.Hal ini dikarenakan kebutuhan operasional dalam iklim panas dan kering di Tumur Tengah dan Asia Tengah.

jungle warfare

jungle warfare

Sumber : Majalah Defender edisi Agustus 2006

Advertisements
Comments
  1. glennlengkei says:

    SEKARANG PEPRANGAN DI HUTAN LBHEFECTIF DENGAN BOM ASAP DAN PENGHANCUR

    Like

  2. joe says:

    Nah.. pengetahuan umum ky gini boleh dibanyakin..
    biar +pinter, jd airsofter indonesia gak cuma skedar warjunkie 😉
    toh ada banyak nilai historis yg bikin ane dan komunitas airsoft lainnya jatuh cinta pd olahraga ini,
    tentunya diskon kudu jalan truz kang danar wkwkwk ;D hidup airsoft Indonesia..

    Like

    • Danar says:

      wah,pembukanya asyik…eee…buntutnye….tetep minta diskon….hahaha….
      udah gw kasih diskon tuh…jgn bilang gw pelit yah…hehehe piss ah!

      Like

  3. joe says:

    MANTABH.. percakapan selanjutnya (diskon) via BBM kang danar hihihi 😉

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s