Jangan Pegang Airsoft/Airgun Anda Sebelum Ngerti Apa Itu Accidental Discharge!!

Serius…!! Kali ini saya benar-benar serius…!!

Saya sedang tidak menghardik anda. Tetapi tanda “seru” yang saya tulis diatas supaya anda memperhatikan tulisan saya kali ini…

Anda yang sering berlatih menggunakan airsoft gun/airgun pasti paham pentingnya menghindari “Accidental Discharge”.

Apa itu Accidental Discharge?

Accidental Discharge adalah aktivitas menembak yang tidak disengaja.

Apakah ini berbahaya?

Tentu saja. Karena ini airsoft pasti bisa menimbulkan cedera cukup parah. Dan saya pernah jadi korban. Kalo airgun dengan kal.4,5mm-nya sudah pasti impactnya jauh lebih parah. Jadi, stop bermain-main dengan airsoft/airgun anda, kecuali anda paham betul apa itu Accidental Discharge.

Ada 3 penyebab Accidental Discharge  :

  • Jangan ada BB yang tertinggal dalam chamber!! Untuk menghindari hal ini, selalu cek chamber!! Intip, masih ada bb yang tertinggal atau tidak. Kalo pistol, caranya lepas mag lalu tarik slide & perhatikan chamber….pastikan tidak ada bb disana. Kalo AEG, caranya dengan mencabut mag terlebih dahulu, lihat chamber dari lubang magazine (mag well) & pastikan tidak ada bb disana. Untuk amannya, tembak ke arah aman.

Jadi…tolong perhatikan setiap  selesai berlatih, lepas magazine, dan….LIHAT CHAMBER….pasti ada 1 bb yang tertinggal disana….WAJIB keluarkan saat itu juga!! Jangan ditunda, sebelum anda menyesal di kemudian hari…!!Lakukan double-check….triple-check, sampe anda bosan, yang penting chamber harus kosong dari bb, jika tidak bisa berakibat seperti laki-laki ini :

[youtube=http://youtu.be/bFaTs33qYTE]

  • Jari DILARANG KERAS MENYENTUH PELATUK, sebelum siap menembak target. Ini sering terjadi. Saya juga pernah mengalami. Mungkin karena stamina turun saat skirmish. Baik saat di luar field atau sudah di dalam field, harap disiplin dengan jari anda.

[youtube=http://youtu.be/hzqJ78sGIPk]

  • Simpan airsoft/airgun pada tempatnya yang rapi, baik sebelum/sesudah bermain untuk menghindari jatuh tanpa disengaja. Saya belum pernah menemukan/melihat/mengalami kasus airsoft/airgun jatuh lalu meletus. Tapi dalam konteks real fire arms, dahulu sering terjadi. Model Sten Gun buatan Inggris sering sekali mengalami Accidental Discharge karena desain yang belum mumpuni.
  • Perhatikan dgn seksama benda2 yang bisa memicu Accidental Discharge, seperti sling, holster dll. Ini ada contoh yang bisa kita simak. Ternyata holster sudah tidak layak pakai pun bisa menyebabkan accidental discharge. Seperti yang menimpa pada seorang pria di Amerika Serikat, gara2x holster yang sudah tidak layak, mendorong pelatuk Glock 19 saat sedang mengenakan safety belt di mobilnya….beginilah jadinya, bergeser beberapa mili ceritanya bakal lain. Remeh memang, tetapi fatal akibatnya….
Accidental Discharge pada Glock 19, menimpa seorang pria di Amerika
Peluru tembus dari holster, nyerempet pantat, celana & tembus jok & panel pintu
Beginilah hasilnya....

Saya pikir 5 SAFETY RULES yang ada di Magpul Dynamics bisa jadi referensi. Betul-betul bukan pemanis acara belaka. Itu disimpulkan dari serangkaian pengalaman ratusan bahkan ribuan jam menembak real arms. Kita bisa adopsi rulesnya & masih relevan utk airsoft/airgun.

Sangat disarankan untuk anda sampaikan di komunitas airsoft dimana anda berada. Silakan anda jelaskan sebelum game/latihan dimulai. Ulangi setiap mulai latihan…jangan bosan. Dan karena anda sudah hafal bukan berarti rules tidak dibacakan…ulangi terus…ulangi terus…kalo perlu sampe lidah keriting 🙂

Ok, sekian deh….kalo soal safety, anda tidak boleh ragu2 & harus tegas!! Tapi tetap utamakan ramah….jgn sampe gara2 ada teman (apalagi newbie) anda tegur malah mereka kapok main. Anda yang jam terbangnya sudah tinggi sebaiknya mengayomi…gak perlu lah merasa sok senior…. jangankan anda yang sudah mahir, aparat pun masih bisa lalai….right? See you…!

[youtube=http://youtu.be/5IZlcbJwfP4]

0 Replies to “Jangan Pegang Airsoft/Airgun Anda Sebelum Ngerti Apa Itu Accidental Discharge!!”

        1. kalo saya sih pernah nembak mata tetangga saya pake pistol mainan yg di jual di pasar hehehe untung cuma bengkak tapi jadi kena marah mama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *