Ketatnya Aturan Yang Mengatur Kepemilikan Airsoft Gun di Australia

Posted: February 2, 2012 by Pak RT in Berita
Tags: , , , ,

Ketatnya aturan airsoft di Australia

Posting kali ini temanya menarik. Bagi anda yang baru menyelami hobi airsoft gun, pasti akan bertanya-tanya bagaimana legalitas airsoft gun di negara kita? Terus terang, ini topik yang tidak berkesudahan. Apa yang diharapkan dengan apa yang terjadi di lapangan, jauh berbeda. Anda bisa mengikuti diskusi soal legalitas airsoft gun di Indonesia di halaman legalitas.

Ngomong-ngomong, keberadaan airsoft gun di Australia pun nasibnya setali tiga uang dengan di Indonesia. Peraturan yang menyebut legalitas airsoft gun masih mensejajarkan airsoft gun dengan senjata api. Apalagi alasannya kalo bukan kemiripan bentuk. Hanya bedanya, disana diatur dengan detil & jelas. Mari kita bedah aturan airsoft gun di Australia.

Undang-undang tentang kepemilikannya pun juga melarang segala bentuk replika senjata. Kalo mau nekat masuk ke Australia sambil nenteng airsoftgun…dijamin anda dicegat oleh pihak custom di Bandara.
Memang tidak semua negara bagian melarang kepemilikan airsoftgun. Nanti kita lihat negara bagian apa saja yang membolehkan.

Di New South Wales, anda tidak bisa memiliki airsoft gun. Hal itu gamblang diatur dalam Firearms Act 1996. Mau ngomong sampe bibir kiwir-kiwir, tetap aja polisi pura-pura budeg.

Queensland. Agak sedikit berbeda. Segala jenis airsoft gun yang memiliki mode tembak otomatis dan atau menyerupai senapan serbu militer atau machine gun betul-betul dilarang untuk dimiliki!

Lantas bagaimana dengan model pistol?

Di Queensland, pistol (segala macam replika senjata bermode tembak semi-auto, masih bisa dimiliki tetapi dengan syarat harus diterbitkan ijin/license. Ijinnya pun tidak seperti di Indonesia yang hanya bermodal scan KTP & pas foto.

Di sana segala bentuk senjata api & airsoft gun semi-auto dikategorikan ke dalam 6 kategori. Mulai dari kategori A, B, C, D, H & R/E. Pengkategorian berdasarkan sistem pengoperasian. Airsoft gun semi-auto dimasukkan dalam kategori H. Itu pun persyaratannya cukup ketat, seperti syarat keaktifan, panjang laras, kaliber dll.

Intinya ketat deh. Nggak seperti di negara kita.

Di South Australia lain lagi ceritanya. Semua airsoft gun yang velocity muzzlenya dibawah 180 foot per second, boleh-boleh aja dimiliki. Kayaknya airsoft spring masuk ke sini deh…hehehe. Happy cocking deh 🙂

Kalo di Victoria & Western Australia lebih sadis. Tidak diperbolehkan sejengkal pun airsoftgun masuk ke wilayah mereka. Jangan harap bisa mengantongi surat ijin impor deh.
Hmmm….cukup ketat yah. Next posting nanti kita lihat situasi legalitas airsoft gun di negara lain.

Sampai tahun 2011 kemarin, banyak pihak memperjuangkan legalitas airsoft gun. Hingga diakuinya sebuah Australian Airsoft Association.

Mudah-mudahan aturan tentang airsoft gun di Indonesia menuju ke arah titik terang & bisa menjadi kenyataan. Amin
Over & Out!

Advertisements
Comments
  1. febri says:

    di Indonesia biasanya (biasanya lo ini hehe….) aturan (larangan) akan keluar jika telah terjadi sesuatu hal tidak baik yg melibatkan hal2 yg kemudian diatur dalam aturan tersebut, misalnya penggunaan psikotropika.
    jika selama ini aturan ttg airsoft msih terkesan abu2 krn pd knyataannya peraturan yg ada hanya mengatur tentang senjata api (UU no 12/Drt/1951) mengenai apa itu yg termasuk senjata api ada definisinya di situ yg tentunya airsoft tidak memenuhi ketentuan sebagai senjata api so otomatis tidak bisa disebut senjata api bagaimanapun miripnya. hanya saja dengan berbentuk mirip itulah terdapat peluang penyalahgunaan di lapangan buat nodong misalnya, klo orang awam tentu udah takut stengah mati dtodong “begituan”, jika hal ini terjadi (dan terus terjadi) maka tidak menutup kemungkinan akan keluar aturan yg ketat sperti halnya di australia ini (denger2 di malaysia jg dilarang keras dg ISAnya). hal ini menuntut kedewasaan berpikir dan bertindak dari para pemilik airsoft agar benda yg sbenarnya hanya mainan ini tidak berubah menjadi hal yg menakutkan/terlarang untuk dikoleksi dan/atau dimainkan. memang airsoft adalah mainan tapi lebih tepatnya disebut mainan dewasa tp beda ama film dewasa lo ya hehehe……

    Like

  2. Untuk Airsoftguns di Indonesia, Sebenarnya aturan yang bener di negeri ini yang bagaimana sih. . .Kan Airsoftguns tidak dengan katagori SENPI . Kemudian kalau ada Aparat POLRI yang menyalahgunakan wewenang nya untuk mencari keuntungan pribadi apakita harus melaporkan ke Propam.komunitas harus kompak seiya sekata.

    Like

    • jims says:

      jng negative thinking dlu boss, softgun d indonesia bnyk d slah gunakan oleh pihak yg tdk brtanggung jawab. krna bntuknya mirip dng aslinya jd ya wajar sih klo d adakan penertiban.
      begonya lg, msyarkat indonesia kadang sok benci/ anti militer tp tp tingkah dn gayanya kya militer… PARAH!!

      Like

  3. Leos says:

    Ane setuju dengan Agan jims., masyarakat kita terkadang muna semua. Tapi intinya yg suka menyalahgunakan airsoft biasanya orang kampungan yang sama sekali tidak menghargai hoby dan kecintaan terhadap airsoft.
    Btw, mengenai izin airsoft di Indonesia, sebenarnya bagaimana sih.?? Rada ga jelas nih kelihatannya. Ada yang bilang izin memiliki Airsoft bisa melalui Klub Perbakin (ini yang paling banyak ditawarin). Trus, kalo mw ditingkatkan bisa juga keluar izin langsung dari Perbakin.
    Selain itu ada juga yang bilang ttg kepemilikan airsoft udah di atur dgn TR Kapolri No. 775 Tahun 2010. Nah., apa isinya ane juga kurang tau. Tp kalo ga salah kabarnya dgn TR tersebut izin kepemilikan hrs dari Badan Intelkam Polda setempat. Bagaimana proses izinnya masih belum ada petunjuk apa pun.

    Bagi agan airsofter sekalian yang punya pengalaman or udah dapat izin Intelkam Polda setempat, pleez share ke kita donk., mana tau ada yg minta utk lgsg ngurus ke Badan Intelkam di Polda masing-masing. Itung-itung biar Pak Polisi ga ada alasan lagi buat nyita airsoft kita kalo kita lg bawa ke lokasi skirmish.!

    Like

  4. noi says:

    dalam keputusan kapolri no.8 th.2012, airsoft tidak bisa dibawa.. jadi ditaruh di gudang khusus di polsek atau polres.. temen2 yg nurut, telah banyak yg menerapkannya.. tidak perlu pake surat apapun.. hanya ijin jalan & jadwal klub (di bawah perbakin).. biaya pasti ada: untuk parkir dan jagain..

    Like

  5. eno rayner says:

    gimana caranya kalau saya mau jualan ASG tu bos..?

    Like

  6. Ricky Popescu wijaya says:

    kalo di indo gmn ntu gan legalitas airsoft gun??
    kalo harus buat surat izin,surat izin yg kek gmn gan??
    surat izin kepemilikan senjata api ato surat izin yg laen.
    maaf ane newbie gan baru mo bli airsoft gun and mo gabung comunitas airsoft
    kira-kira ada g ea comunytas airsoft gun di semarang 🙂
    coz percumah juga ane bli airsoft gun kalo g ada tmn main nya T_T

    Like

  7. dendi manek says:

    itu semua gara gara si kangguru nih! australia sukanya hewan!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s