Kisah Tragis Ex-Sniper Navy Seals Veteran Perang Irak Berakhir di Tangan Rekannya

Posted: November 27, 2013 by Pak RT in Berita, Tokoh
Tags: , , ,

Sniper chris kyle

Kejadian tragis di awal tahun 2013 menimpa seorang ex-sniper Navy Seals bernama Chris Kyle di tangan seorang mantan marinir yang diduga menderita PTSD (Posttraumatic Stress Dissorder), semacam gangguan mental yang diakibatkan pengalaman traumatis sewaktu bertugas di Irak. Si pembunuh, Eddie Ray Routh,25 tahun, adalah mantan marinir berpangkat kopral yang pernah bertugas di Irak dari tahun 2006-2010.

Menurut pengakuan Travis Cox, rekan Kyle yang sama-sama aktif di organisasi non profit “FITCO Cares” didedikasikan bagi veteran perang yang terluka/kurang beruntung. Termasuk salah satu veteran yang sedang dibantu adalah tersangka Routh. Sepanjang yang saya tahu, Chris & rekannya, Chat Littlefield, sedang membantu Routh, masih dalam proses penyembuhan dari trauma perang. Mereka membantunya, membawanya ke lapangan tembak berlatih menembak,semacam terapi, untuk membantu terlepas dari PTSD. Tetapi tiba-tiba Routh malah mengarahkan senjatanya & membunuh mereka berdua.”

Eddie-Ray-Routh1

Tersangka, Routh, pembunuh sniper Navy Seals

“Chris & Chad, mereka berdua orang yang luar biasa yang mau membantu para veteran perang itu. Sayangnya peristiwa ini terjadi.” Ujar Travis Cox.
Tidak diketahui motif Routh melakukan penembakan tersebut. Yang pasti Routh mengalami gangguan pikiran. Menurut salah satu sumber, Routh pernah ditangkap Januari 2012 karena mengemudi sambil mabuk.

“Chris termasuk orang yang mudah menolong, apalagi jika yang ditolong veteran” ujar Cox.

Yang sangat tragis dari kejadian tersebut, Kyle adalah ex-sniper Navy Seals yang tercatat berhasil menewaskan 150 musuh. Walaupun perkiraan berhasil menumbangkan 255 pejuang Irak (saya kurang nyaman menggunakan istilah “Insurgent” alias pemberontak karena mereka berjuang untuk tanah airnya. Masih ingat istilah “inlander” toh?). Ini jumlah fantastis yang berhasil ditoreh, setelah rekor sebelumnya ditorehkan pendahulunya sekaligus idola Chris Kyle sendiri, Carlos “White Feather” Hatchcock yang berhasil membunuh 93 Vietcong di era Perang Vietnam. Saking berbahaya aksi Kyle, kepalanya sempat dihargai US$80.000 dan dijuluki “Al-Shaitan Ramadi” atau Setan Ramadi oleh musuhnya.

Chris Kyle pernah menewaskan 40 orang pejuang Irak seorang diri saat perang Fallujah meletus. Dan tembakan terjauh yang berhasil ia bukukan adalah menembak dengan tepat dari jarak hampir 2 km seorang pejuang Irak membawa RPG siap menyergap konvoy kendaraan. Itu sebabnya itu Chris Kyle dielu-elukan publik Amrik sepulang dari Irak. Ia sering diliput media & terakhir ia menulis buku Best Seller “American Sniper” laku keras di pasaran. Sepulangnya dari Irak ia mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelatihan militer & aparat penegak hukum, Craft International namanya.

Chris Kyle sepanjang karirnya di militer telah meraih banyak bintang penghargaan diantaranya : 2 medali Silver Star, Bronze Star with Valor, serta 2 medali Navy & Marine Corps Achievement Medals.

Yang menarik dari karir Kyle, sebelumnya ia pernah ditolak US Navy pada saat ia bergabung tahun 1996. Lewat tes fisik diketahui terdapat pin di lengannya akibat cedera saat Rodeo. Tetapi 3 tahun kemudian ia mendaftar kembali dan ia diterima. Mungkin sejarah akan berkata lain jika ia sama sekali ditolak oleh US Navy.

Ini video wawancara Chris Kyle dengan TIME, selamat menikmati guys 🙂

Advertisements
Comments
  1. putra says:

    tragis ya, saya sepakat dengan TS, istilah insurgeant tidak pas diterapkan bagi pejuang irak, karena secara semantik terlalu politis untuk dipadankan dengan referant

    Like

  2. asfin A.N says:

    ane pernah nonton chris kyle ini di acara reality show Stars Earn stripes. orangnya kelihatannya cukup bersahaja. tragis memang nasibnya.

    Like

  3. melki deptiadi says:

    Semoga allah memasukkan nya keneraka jahannam Amin

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s