Review VFC Walther PPQ M2

Posted: July 7, 2014 by Pak RT in Review
Tags: , , ,

VFC Walther PPQ2d
Pistol keluaran dari Walther, model Walther PPK, memang punya daya pikat tersendiri. Pistol ini sangat populer ketika pertama kali dipopulerkan lewat layar lebar “James Bond, 007”. Ukurannya yang mungil, jadi favorit agen rahasia James Bond.

Tapi itu dulu….sekarang lain. Sekarang Walther sudah merilis banyak varian terbaru. Salah satunya adalah Walther PPQ M2. Pistol ini tidak bisa dibilang mungil. Larasnya lebih panjang daripada Walther PPK. Dari perspektif bisnis, Walther PPQ kini menjadi saingan berat Glock 19. Wow! Kalo saya boleh menambahkan, secara pribadi saya lebih suka Walther PPQ ketimbang Glock 19. Kenapa? Yuk simak poin-poin lebih Walther PPQ.


VFC Walther PPQ2c

Sekarang pabrik Vega Force Company sudah memproduksi replika Walther PPQ M2, lengkap dengan marking yang otentik!

Sebelum kita review, mari kita kenali dulu bagan Walther PPQ M2 supaya mengenal istilah bagian-bagian penting pistol ini.

VFC Walther PPQ2box

Box
Desain boxnya unik, dengan cover bermotif sama seperti tekstur pada Tactical Gripnya.

Slide
Dibuat dengan mesin CNC. Guratan pada slide yang tegas (serration) dengan kontur ritmik dibuat sedemikian rupa untuk memperbesar gaya gesek sehingga memudahkan mengokang dalam kondisi ekstrim. Konon katanya proses pembuatan guratan itu cukup sulit. Slidenya pun semakin manis dengan ditambah grafir marking ‘Walther” pada slide.VFC Walther PPQ2h

Receiver
tersedia rel di bagian depan frame agar aksesoris bisa dipasang dengan mudah. Buat yang suka pasang laser supaya memudahkan akuisisi target, rel ini penting diperhatikan.
Ada hal yang menarik perhatian saya yaitu tombol slide release kegunaannya untuk melepas slide. Posisinya persis dibawah marking PPQ. Hal ini penting untuk perawatan bagian dalam pistol yang terdapat di slide & frame. Untuk versi airsoftnya, seperti biasa, tersedia tombol putar pengatur Hop Up.

Ngomong2, tombol slide release ii sangat mudah dioperasikan dibandingkan Glock Family. Terus terang, Glock bikin saya frustasi. Bikin sakit jari! Tapi Walther PPQ M2, tombolnya cukup lebar jadi nggak perlu kuatir kuku patah karena maksa…hehehe.

VFC Walther PPQ2i

Tactical Grip
Tactical Grip dibuat dengan tekstur khusus berpola silang-silang agar genggaman semakin kokoh. Untuk desain Tactical Grip sangat ergonomis, bikin genggaman semakin nyaman. Keren abissss!

Slide Stop/Release
Secara kasat mata sudah keliatan banget kalo tombol slide stop/release milik Walther PPQ M2 sangat panjang dibandingkan model pistol kebanyakan. Keunggulan desain Slide Stop Walther PPQ adalah kita tidak perlu melepas genggaman kita. Cukup mengangkat ibu jari kita & tekan tombol Slide Stop, maka Slide akan bergeser maju ke depan, peluru sudah masuk chamber, siap beraksi! Ini penting sekali kalo kamu pake untuk Tactical Handgun. Skenario-skenario yang dikembangkan dalam latihan Tactical Handgun sangat memperhatikan detil soal waktu. 1 detik itu sangat berharga sekali. Memecah genggaman tangan kita dari handgrip, menekan tombol Slide Stop, dan kembali lagi ke posisi menggenggam itu memakan waktu 0,5-1 detik. Itu waktu yang terbuang percuma.

Ditambah pula, tombol Slide Stop menganut sistem Ambidextrous alias tersedia di sisi kanan maupun kiri pistol. Artinya, pistol ini bisa dioperasikan dengan mudah baik orang kidal maupun selain kidal.

 

VFC Walther PPQ2f

Backstrap
Walther PPQ juga menganut sistem modular backstrap. Artinya, backstrap/ grip bagian belakang bisa diganti sesuai dengan ukuran genggaman tangan. jadi tangan orang Asia yang kecil & tangan orang Eropa yang besar masih bisa menggenggam Walther PPQ dengan pas & ergonomis. Sayangnya, pabrik VFC yang memproduksi mainan ini tidak menyertakan bonus backstrap.

Yang bikin kesengsem kontur grip yang ergonomis bikin tangan betah genggam lama-lama. Bobot pistol yang tidak terlalu berat karena dominan material frame dari polimer, jadi mudah dioperasikan buat siapa saja. Anak saya yang masih umur 6 tahun juga suka.

Dengan dibubuhkan nomer seri di bagian belakang slide semakin menambah orisinalitas replika pistol ini.

VFC Walther PPQ2e

 

Oke sementara reviewnya itu dulu…untuk test kecepatan & akurasi nanti disambung di posting berikutnya. Over & Out!

VFC Walther PPQ2 open slide VFC Walther PPQ2 VFC Walther PPQ2b

Bagi yang berminat untuk order bisa baca spesifikasi & harganya silakan klik langsung di Halaman Walther Family.

Advertisements
Comments
  1. Asfin A.N says:

    sedikit tambahan bang untuk slide release.
    sekarang pada banyak pelatihan handgun self defense lebih direkomendasi untuk melakukan overhand technique daripada menggunakan slide release lever.
    cara melakukan teknik ini adalah dengan menggabungkan proses memasukkan magazine dan kemudian tangan memutar pergelangan tangan keatas untuk menarik slide hanya dengan 1 langkah.
    cara ini dianggap lebih universal karena bisa diterapkan di berbagai macam semi auto handgun. dan mengurangi ketergantungan kita pada penggunaan slide release lever.

    kenapa kita tidak boleh bergantung pada penggunaan fungsi ini lever ini padahal disediakan oleh pembuat pistolnya?
    karena jika kita terbiasa menggunakan slide release pada satu jenis pistol, maka jika kita berpindah ke jenis lain akan terasa kagok. misal : kita biasa menggunakan Beretta 92 yang slide release nya terjangkau oleh jempol lalu tiba-tiba kita berpindah ke Colt 1911 yang slide releasenya cukup jauh dari jempol, pasti akan kagok. atau malah berpindah menggunakan Walther PPK yang tidak ada slide releasenya, pasti akan tambah bingung, bisa hilang sepersekian detik karena hal ini.

    demikian tambahan dari saya bang. semoga bisa menambah pengetahuan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s