Pengakuan Mengejutkan tentang Para Supir Truk…Bikers Waspadalah.!

Posted: September 4, 2014 by Pak RT in Kecelakaan
Tags: ,

Artikel kali ini nggak ada hubungannya dengan kecelakaan/accident saat kita bergelut dengan hobi airsoft, seperti kecelakaan kena tembak airsoft/airgun. Tapi ini catatan penting yang penting banget saya share disini. Saya ngerasa penting karena hampir 1/2 aktivitas kita dihabiskan di jalan raya.

Saya merinding waktu baca artikel ini pertama kali. Ada kengerian dibalik seringnya kejadian korban tergilas truk! Rasanya sayang kalo saya nggak berbagi ke semua pembaca setia Lapakairsoft.com.

Buat para BIKERS, silakan disimak dengan seksama, karena jalan raya itu milik BERSAMA, jadi harus ada ATURAN YANG PERLU DIKETAHUI & DIJALANKAN BERSAMA supaya masing2 hak tidak dikebiri. Baca deh pengakuan seorang sopir truk berikut ini….

Sejujurnya kita patut berterima kasih kepada para sopir truk. Berkat cucuran keringat Abang Abang, Mas Mas, dan Bapak Bapak sopir ini, (terutama di kota besar) kita bisa menikmati aneka hasil bumi seperti buah, sayur dan palawija. Berkat injakan pedal gas dan tarikan tuas persneling truk beliau-beliau inilah kita bisa menikmati sensasi berkendara lewat motor ataupun mobil yang mereka antarkan. Tetapi…sebuah fakta dan pengakuan mengejutkan dari sopir truk ini sempat membuat saya syok dan mendadak saya kehilangan selera makan.

Simak beberapa peristiwa berikut:
Beberapa testimoni:

Ane pernah juga ngomong sama sopir trailer.
Jadi kata dia: “daripada menyebabkan kecelakaan yg bisa timbul banyak korban,lebih baik satu nyawa melayang”. lho kok bisa.?
Jadi gini gan,supir trailer bisa saja ngerem mendadak apabila ada bikers atau pemotor yg jatuh di depannya.
Tapi apabila dia melakukan itu maka yg akan terjadi adalah,bagian belakang atau muatannya akan lari kekanan atau kekiri.
Bisa dibayangkan gan apabila di sisi kanan atau kiri banyak bikers atau pemotor,pasti akan terserempet atau tergilas.
Itu sebabnya supir lebih memilih melindas bikers atau pemotor yg jatuh di depan atau disamping nya.
Dua pilihan yg sulit memang.!!

Truck segede gaban bisa jadi sahabat dijalanan kalau ente tahu aturan….ini pengalaman ane trans bkt – mdn bawa mobil kecil…ente kalau dibelakang truck jangan mepet…jaga jarak ±50-100M…truck segede gaban kalau misalnya ente mau mendahului dan itu truck ngasih lampu sein kanan…jangan coba2 mendahului…artinya ada kendaraan dari arah berlawanan….

Kalau ente mau mendahului truck…pake perhitungan matang….misal panjang truck 12M…panjang mobil 4M…itu artinya ente harus punya space untuk mendahului truck adalah 4-5X panjang mobil ente….Kalau truck udah kasih lampu sein kiri dan lampu remnya menyala…segera ente kasih lampu sein kanan dan silahkan mendahului…sopir truck paham kode klakson 2X waktu mendahului…say thanks to truck driver yg udah ngasih ente jalan buat mendahului

Kata temen ane yang pernah ngomong ke supir truk emang begitu.kalo seandainya (gak sengaja) tabrakan “diusahakan” korbannya meninggal biar gak banyak ganti ruginya..Kalo cacat bisa ratusan juta katanya..

Sadis bener emang..

Kalau supir bus punya prinsip begini gan…

“..daripada mengorbankan nyawa seluruh penumpang bus..lebih baik nyawa 1 atau 2 org naek motor yang hilang…”

Makanya kalau ketemu bus ugal2 an mending turun dari aspal ke tanah aja dah….soalnya para sopir bus juga lagi bawa nyawa banyak orang gan.

Motor atau kendaraan kecil juga jangan asal salip kalo ga mau tinggal nama..dah salah, ngotot.. itulah pengendara kendaraan kecil yang ane tau… logika sang sopir mending mati aja sekalian, daripada urusan panjang…yang jelas kalo bawa kendaraan, apapun jenis nya harus WASPADA dan SAFETY RIDING…

Nih ane tambahin lagi info underground seputar dunia supir truk kalo menyikapi kecelakaan kayak gitu. Ukuran truk itu kan besar? Jadi kalo sampe berurusan sama polisi, alibi yg paling gampang (ini ane denger sendiri dari supir truk yg suka nongkrong deket rumah ane) adalah, “tidak kelihatan” !!

Alasan ini bisa diterima mengingat ukuran truk memang besar dan sulit mengawasi tiap sudut truk setiap saat. Jadi kalo ada yg terlindas, tinggal pake alasan itu aja
paling mentok mentok perusahaan yg punya truk itu kasi uang damai ala kadar nya ke keluarga korban, yang jelas sedikit lah, uang kerohiman namanya. Kalo semisal keluarga korban ngotot mau perkarakan ke pengadilan juga gak bakalan menang, karena alasan “tidak kelihatan” bisa diterima oleh akal sehat nya hakim, pengacara, penuntut umum, panitera, dan semua nya.

Ujung2xnya diselesaikan diluar pengadilan biasanya. Makanya kalo truk sering bunyiin klakson, jangan dianggap personal, itu justru mengingatkan kita betapa rapuhnya posisi kita di jalanan kalo berhadapan sama truk. Justru kita musti ngalah kalo truk sampai bunyiin klakson ke kita.

Itu pesan moral yg ane tangkap gan. Cobalah ente bayangin berada di posisi supir truk, gak gampang loh mengendalikan monster sebesar itu di jalanan. Apalagi biker kita terkenal suka asal belok tanpa kasi lampu sign dulu.

Ane pernah tuh liat istri mbonceng motor yg dikemudikan suami nya di Parung, Bogor, kelindas truk, ibu itu yg kena perut nya, suaminya selamat.

Tau gak? Itu yg namanya usus berhamburan keluar semua campur sama cairan kuning (lemak perut nya). Badannya nyaris putus jadi 2, tapi masih hidup meregang nyawa sambil nyebut,

” Ya Allah, aku gak mau mati kayak gini” berulang kali.

Suaminya shock diam aja di sudut jalan gak ngomong apa apa kayak org linglung, nolong aja enggak tuh suami nya.

Asli serem gan, udah kayak daging cingcang tapi masih bisa ngomong dan gerak gerak, apa gak serem tuh? Sama warga setempat buru buru di masukin ke mobil dibawa ke rumah sakit tapi katanya meninggal dalam perjalanan. nah pas supir truk nya di tanya polisi, jawabnya ? Gak ngeliat ada yg masuk ke kolong truk kontainer dia, gitu jawabnya.

Itu semua bener gan, bokap ane buka usaha ekspedisi dan menurut supir itu lebih baik di matiin sekalian daripada cacat seumur hidup. Karena bakalan jadi beban pengeluaran ke supir dan perusahaan itu sendiri gan. Belum lagi nanti per berapa bulan check up. kalo cacat gan belum ke urusan polisinya. Memang sih gan walaupun si korban ga meninggal atau harus rawat jalan nanti nya bakalan menuntut ganti rugi yg lebih dari kontrak antara si korban dengan perusahaan tentang ganti rugi.

Oh iya satu lagi, supir ekspedisi yg perusahaannya masih belum besar itu gaji nya dari uang jalan gitu gan, istilah nya di borong habis. Kalo ada musibah di jalan itu supir harus backup perusahaan nya gan.
Tambahan gan, beban yg dipikul supir itu banyak gan selain muatan mereka juga mikul kehidupan supirnya makanya itu yg bikin supir ugal ugalan. Sebenernya kecelakaan itu cm 1 aja kok gan..Yaitu feeling terhadap blind spot nya masih tdk ada..ini yg kerap terjadi dr semua kendaraan bermotor..

Ilustrasi posisi Blind Spot di kendaraan

Apa lg truk trailer yg panjang nya sampe 12 meter. Jangkauan mata ke depan itu minim..jd bener2 hrs kuat dan tetap safety riding..

Tips dari saya buat pengendara kendaraan… khususnya motor.

  1. Jgn pernah berhenti mendadak didepan truk muatan berat di bawah 12 meter,sesungguhnya anda telah mati jika melakukaan itu…bila anda tidak mati maka sekitar anda yg jadi korban.
  2. Kami driver truk berat berbeda dgn bus malam. Kecepatan kami terbatas bahkan kaami masih kalah cepat dgn maho naik skuter ga jelas.
  3. Jika kami terkena macet tolong liat kami, dan jgn memaki kami karna pelan nya truck kita liat lebih jelas mata kita pasti merah kami selalu antisipasi jika motor atau mobil nyelonong di depan kami pasti siaga dan tanpa terlena mta ini terus memandang anda dan aspal di sepanjang jalan.
  4. Baca selalu lampu sein kita kemana arahnya…
  5. Selalu hidupkan lampu belakang motor anda
  6. Jgn pake lampu putih

Sumber : Mudagrafika.wordpress. com

Silakan disebarkan untuk keselamatan yang lainnya !!

Advertisements
Comments
  1. akbar says:

    thanks …. untuk inputanya ……… tapi harus di perhatikan juga , banyak sopir truk yang masih tidak sesuai umur atau bukan kategori SIM B1-B2-B umum , inilah mungkin yang menyebabkan faktor emosi di jalan …….

    Like

  2. candy green ninja says:

    Terimakasi untuk masukannya gan, sangat bermanfaat… ternyata bener apa yg di bilang bokap ane prinsip supir truck gitu lebih baik khilangan satu nyawa dari pada khilangan banyak nyawa di sekitarnya… 🙂

    Like

  3. carbon says:

    mgkn utk truck muatan kec max 40km/jam, semua pengendara sama yg harus patuhi aturan rambu2 lalulintas

    Like

  4. […] sengaja saya copas Disini sedikit informasi yang menurut saya berguna buat para pengguna jalan terutama biker. Tulisan ini […]

    Like

  5. kamal says:

    Tai..bwa mobilnya aja jngn ugal2n banyak tuh sopir udh tau mobilnya sgde dinosaurus msih ugal2n juga..mikirrr.

    Like

  6. yurnalis says:

    terimakasih atas info nya ….

    Like

  7. Mau ngatain truknya salah kek, supirnya dibawah umur kek, klo udah celaka dan cacat, emang masih selera mau nyalahin itu supir truk?

    Intinya kalo ketemu mobil besar begitu ya harus menjauh sebisa mungkin, gw aja ogah ke tanjung priok naik motor 😆

    Like

  8. warnet says:

    Bener banget artikel diatas, ketika saya berbicara dengan supir Bus malam sama seperti artikel yang anda buat.

    Like

  9. panji says:

    Saya bekerja sebagai supir pribadi
    Saya pernah jadi supir truck dan bus
    Ya info agan di atas memamng benar adanya seperti itu

    Setidaknya saling menghargailah sesama pengguna jalan demi keselamatan bersama
    Terutama yg sering menerobos lampu merah
    Karna sangat sulit menghentikan kendaraan besar dengan aman saat kecepatan di atas 40

    Like

  10. mudars says:

    Super sekali…. betul3.! Yang terpenting jaga jarak dgn mobil/truk yg sarat muatan.
    Sy sbg supir truk akan berusaha menghindari kecelakaan/menghilangkan nyawa orang Sebisa sy.! Usaha tinggal usaha yg menentukan tetap tuhan yang maha kuasa.

    Like

  11. semar says:

    infonya bagus banget kalo bisa di sebar luaskan lewat media cetak, karena banyak pengendara yang belum sempat melihat atau artikel melalui media elektroik atau tidak memahami internet.

    Like

  12. Ilal says:

    Beda hal jika Oknum Supir Triuk yg menenggak minuman keras sebelum beraktivitas, apakah itu bisa di tolerir? Setengah “GITING” beralasan biar gak ngantuk. Kalau ngantuk TIDUR!!

    Like

    • comel says:

      betul gan.. tapi gk cuman supir truck aja yg nenggak minum²an keras..pengendara mobil / motor juga sering nenggak gituan dan disini juga sering terjadi kecelakaan yg diduga pengendara mobil/motor menenggak minuman keras sebelum berkendara..
      intinya kalo mau berkendara jauhi minum² keras “KALO NGANTUK YA TIDUUUUR” 😀

      Like

  13. Agoess Oetomo says:

    “Kami driver truk berat berbeda dgn bus malam. Kecepatan kami terbatas bahkan kaami masih kalah cepat dgn maho naik skuter ga jelas.”
    maksudnya “maho naik skuter ga jelas” itu yg kek gmn ya.?, butuh pencerahannya.
    TQ

    Like

  14. bner2 ngeri gan..utk semuanya aj ttep ati2.

    Like

  15. fiva says:

    Ya itu emank bener bgt#aku sendiri uda denger itu langsung dari orangnya

    Like

  16. Epick says:

    Aku setuju sama pendapat kamu, info yg sangat berguna buat nyawa kita yg sering habisin wktu di jalan.
    Tapi tetep ada beberapa sopir truk yg memang mengemudikan kendaraannya secara ugal2an, dimana dia mengendarainya dengan zig-zag. Kadang mereka sudah salah, tapi tetap mengebut.
    Semoga dari artikel yg kamu buat ini, para pengemudi truk dan kendaraan lainnya bisa saling mengerti cara berkendaraan yg benar di jalan, agar tidak ada saling menyalahkan satu sama lain dan membela diri dengan kata ‘tidak terlihat’ yg memang alasan untuk menghindar dari ancaman hukuman penjara.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s