Anda Berlatih Senjata Api Tanpa Paham Arti Ricochet Sama Saja Anda Bunuh Diri

Posted: May 15, 2017 by Pak RT in Berita, Info Dasar, Kecelakaan, Safety
Tags:

Wahh….sudah lama nggak nulis nih. Tenggelam dalam tumpukan kerjaan yang nggak ada habisnya. Alhamdulillah, hari ini bisa nulis kembali. Topik yang saya angkat kali ini sebenarnya sudah kepingin saya tulis dari dulu. Cuma baru kesampaian sekarang.

Asli, saya serius tulis judul seperti di atas. Beneran. Serius 200%! Ijinkan saya ngoceh tentang satu bahaya yang bernama RICOCHET. Bila kita abai dengan bahaya yang satu ini nyawa bisa jadi taruhan!

Karena kena tembak peluru tanpa kita sadari pasti nggak enak rasanya. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobari, betul kan?

Ricochet, baca rikosye, itu peristiwa alamiah yang terjadi saat peluru melesat meninggalkan moncong senjatanya. Cerita belum selesai. Ricochet terjadi saat proyektil peluru membentur permukaan keras lalu memantul dan mengenai benda-benda yang ada di dekatnya atau benda yang berada di jalur lintasannya (trajectory).

Saya kira Demolition Ranch bisa menggambarkan arti ricochet dengan eksperimen kecilnya. Silakan ditonton di bawah ini :

Buat kamu, teman-teman pembaca Lapakairsoft.com budiman yang nggak punya kuota cukup buat nonton, saya kasih ulasan sedikit di bawah ini :

Jadi, coba bayangkan sebuah bola tenis, kamu lempar ke bawah dengan sepenuh tenagamu. Lihat apa yang terjadi? Bola memantul kan?

Baik. Sekarang coba kita ganti bola tenis dengan kotak makan siang kamu. Sebelum dilempar, pastikan nggak makan siang kamu di dalamnya….hehehe. Repot nanti kamu mau makan apa. Oke coba kamu lempar kotak makan kamu. Apa yang terjadi? Mental. Kotak makan terlempar nggak jauh dari titik dimana kotak itu jatuh.

Oke, sekarang coba kamu naik ke lantai 2 rumahmu atau kostan temanmu. Lempar deh kotak makan kamu & bedakan hasilnya dengan yang pertama. Apa bedanya? Mungkin mental lebih jauh, atau parahnya, kotak makan kamu pecah!

Jadi prinsip fisika dasar berlaku untuk semua benda. Sekarang bayangkan sebuah proyektil peluru, berukuran 9 mm, ditembakkan dari jarak 15 meter dengan kecepatan melesat 1200 feet per second. Si Matt Carriker, pemilik channel Youtube Demolition Ranch sampe ketar-ketir takut kecipratan ricochet peluru 9mm yang ditembakkan lewat sub machine gun CZ Skorpion EVO 3 kal.9mm. Saking cepatnya proyektil melesat.

Gimana nggak ketar-ketir?? Karena target plat baja yang mau dia tembak diposisikan tegak lurus 90 derajat dari arah jalur tembak. Bayangin aja! Kalo kamu ngerti konsekuensi Ricochet, menembak plat baja dengan sudut kemiringan 90 derajat itu sama aja sukarela daftar masuk UGD! Itu pun kalo beruntung! Kalo sial, liang lahat sudah menanti siap diisi.

Perhatikan foto diatas. Plat baja berwarna pink diatas sengaja diposisikan tegak lurus. Dalam olah raga menembak, tidak diperkenankan target plat baja yang posisinya dipaten diposisikan sudut kemiringan 90 derajat. Bahaya! Karena kalo ditembakkan proyektil beresiko memantul & kembali ke arah penembak. Ceritanya nanti bisa kayak sinetron. Keluarga nangis meraung-raung.

Beruntung, nggak ada proyektil yang ricochet. Tapi coba perhatikan sekali lagi, foto diatas. Plat baja tidak berubah sedikitpun. Hanya cat pink yang terkelupas kena pecahan proyektil. Pecahan proyektil menyebar di meja & papan di atas plat. Perhatikan yang saya lingkari merah, itu kayu meja tercabik-cabik disabet pecahan proyektil. Bayangkan kalo itu daging manusia, seperti diiris pisau kecil. Pecahan proyektil yang kecil-kecil itu masuk menembus kulit & daging kita.

Nggak percaya? Nonton dulu video ini ngerinya ricochet. Peluru kaliber 50 ditembak lalu mantul dan kamu tonton sendiri gimana akibatnya!

Itu sebabnya mengapa target plat baja diposisikan menghadap ke bawah dengan sudut kemiringan 45 derajat agar ricochet mengarah ke tanah, bukan mengarah ke penembak. Coba perhatikan posisi target plat di bawah ini.

Di Jawa Timur beberapa puluh tahun yang lalu, mudah-mudahan saya nggak salah, sepasukan TNI pernah membubarkan massa yang demo entah karena apa, dan bodohnya tembakan peringatan diarahkan ke tanah. Dan hasilnya 1 orang demonstran tewas kena ricochet!

Jadi masih ngeyel kalo nembak peluru nggak akan mantul? Hehehe….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s